ANALISIS PENGARUH CAPITAL ADEQUACY RATIO, LOAN TO DEPOSIT RATIO, DANA PIHAK KETIGA, DAN BIAYA OPERASIONAL/ PENDAPATAN OPERASIONAL TERHADAP TINGKAT ROFITABILITAS PERBANKAN (STUDI PADA BANK UMUM YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA)

Paraditha, Lalu Iwan (2014) ANALISIS PENGARUH CAPITAL ADEQUACY RATIO, LOAN TO DEPOSIT RATIO, DANA PIHAK KETIGA, DAN BIAYA OPERASIONAL/ PENDAPATAN OPERASIONAL TERHADAP TINGKAT ROFITABILITAS PERBANKAN (STUDI PADA BANK UMUM YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA). S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LALU IWAN PARADHITA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Loan to Deposit Ratio (LDR), Dana Pihak Ketiga (DPK), Biaya Operasional/Pendapatan Operasional (BOPO) secara parsial terhadap tingkat profitabilitas pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Selain itu peneltian ini juga bertujuan untuk menganalisis pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Loan to Deposit Ratio (LDR), Dana Pihak Ketiga (DPK),Biaya Operasional/Pendapatan Operasional (BOPO) secara simultan terhadap tingkat profitabilitas pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI).Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, sedangkan menurut eksplanasinya penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat korelasional.Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh bank umum yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2009-2012. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling diperoleh sampel sebanyak 45 perusahaan perbanka. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian ini adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) CAR berpengaruh positif terhadap profitabilitas perbankan, hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,031 dan nilai signifikansi sebesar 0,000; (2) LDR berpengaruh positif terhadap profitabilitas perbankan, hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,008 dan nilai signifikansi sebesar 0,010; (3) DPK berpengaruh positif terhadap profitabilitas perbankan, hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,177 dan nilai signifikansi sebesar 0,004; (4) BOPO berpengaruh negatif terhadap profitabilitas perbankan, hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien regresi sebesar -0,014 dan nilai signifikansi sebesar 0,000; dan (5) Terdapat pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Loan to Deposit Ratio (LDR), Dana Pihak Ketiga (DPK), Biaya Operasional/Pendapatan Operasional (BOPO) terhadap tingkat profitabilitas pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI), hal ini dibuktikan dengan nilai F hitung sebesar 15,769 dengan signifikansi sebesar 0,000. Hasil uji adjusted R2 pada penelitian ini sebesar 24,8%, sedangkan sisanya sebesar 75,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: CAR, LDR, DPK, BOPO, ROA

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:19
Last Modified: 29 Jan 2019 20:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15138

Actions (login required)

View Item View Item