MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BANGUN GEOMETRI MENGGUNAKAN GEOBOARD (PAPAN BERPAKU) DI KELOMPOK A1 TK IT ULUL ALBAB 5 PURWOREJO

Aminidya Ratna, Prasdita (2015) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BANGUN GEOMETRI MENGGUNAKAN GEOBOARD (PAPAN BERPAKU) DI KELOMPOK A1 TK IT ULUL ALBAB 5 PURWOREJO. S1 thesis, PG PAUD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal bangun geometri pada kelompok A1 di Taman Kanak-Kanak Islam Terbuka Ulul Albab 5 Purworejo. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek penelitian adalah anak kelompok A1 di TK IT Ulul Albab 5 Purworejo. Objek penelitian adalah kemampuan mengenal bangun geometri. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data secara diskriptif kualitatif dan kuantitatif. Cara meningkatkan kemampuan mengenal bangun geometri dengan menggunakan geoboard/papan berpaku, antara lain: (1) guru mengkomunikasikan terlebih dahulu papan yang digunakan dalam pembelajaran bangun geometri adalah geoboard/papan berpaku, (2) guru menjelaskan kepada anak kegiatan yang dilakukan dan cara menggunakan geoboard/papan berpaku menggunakan karet gelang, (3) anak maju kedepan membentuk bangun geometri pada geoboard/papan berpaku, (4) Setelah semua anak maju untuk membuat bangun geometri pada geoboard/papan berpaku, anak diberi penjelasan oleh guru memberi pertanyaan benda-benda disekitar anak yang memiliki bangun geometri, mempunyai berapa sisi pada masing-masing anak dan mengurutkan bangun geometri, (5) guru memberikan motivasi dan reward kepada anak berupa “tanda bintang” sehingga diharapkan anak lebih berani. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan. Hal ini dapat diketahui dari hasil penelitian dimana siklus pertama terjadi peningkatan dari 53,7% menjadi 64,9% pada tahap pengenalan, dari 52,3% menjadi 78,6% pada tahap analisis, dan pada tahap pengurutan dari 61,1% menjadi 78,4%. Pada siklus kedua peningkatan terjadi. Adapun peningkatan pada siklus kedua menjadi 92,1% pada tahap pengenalan, 88% pada tahap analisis dan 91,2% pada tahap pengurutan. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa papan geoboard/papan berpaku dapat meningkatkan kemampuan mengenal bangun geometri pada kelompok A1 di TK IT Ulul Albab 5 Purworejo. Kata kunci: bangun geometri, papan geoboard/papan berpaku

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:17
Last Modified: 29 Jan 2019 20:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15124

Actions (login required)

View Item View Item