Evaluasi Implementasi Program Pendidikan Ekonomi Kreatif Di Sekolah Dasar Daerah Istimewa Yogyakarta

Triyanto, Andri (2014) Evaluasi Implementasi Program Pendidikan Ekonomi Kreatif Di Sekolah Dasar Daerah Istimewa Yogyakarta. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pemahaman guru tentang program pendidikan ekonomi kreatif; 2) penerapan program pendidikan ekonomi kreatif dalam kurikulum; 3) penerapan program pendidikan ekonomi kreatif dalamkegiatan pembelajaran; (4) penerapan program pendidikan ekonomi kreatif dalam kegiatan pengembangan diri; 5) sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam program pendidikan ekonomi kreatif; 6) hambatan dalam program pendidikan ekonomi kreatif di Sekolah Dasar di DIY. Penelitian ini merupakan jenis penelitian evaluasi dengan menggunakan model Descrepancy yang menekankan pada aspek proses penerapan program pendidikan ekonomi kreatif. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Multistage Quota Random Sampling. Responden dalam penelitian ini adalah guru Sekolah Dasar. Populasi dalam penelitian ini adalah Sekolah Dasar di DIY yang berjumlah 18 sekolah. Pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pemahaman guru tentang program pendidikan ekonomi kreatif termasuk dalam kategori “sedang” sebesar 83,3%; 2) penerapan program pendidikan ekonomi kreatif dalam kurikulum dokumen I sudah menerapkan nilai-nilai pendidikan ekonomi kreatif di dalam kurikulum, dari 6 nilai nilai pendidikan ekonomi kreatif nilai berfikir kritis paling sering diintegrasikan sebesar 83,3% terdapat pada tujuan sekolah, untuk dokumen II dari 6 nilai-nilai pendidikan ekonomi kreatif nilai rasa ingin tahu paling sering diintegrasikan sebesar 83,3% terdapat pada tujuan pembelajaran; 3) penerapan program pendidikan ekonomi kreatif dalam kegiatan pembelajaran sudah menerapkan nilai-nilai pendidikan ekonomi kreatif dalam kegiatan pembelajaran, dari 6 nilai-nilai pendidikan ekonomi kreatif nilai rasa ingin tahu paling sering diintegrasikan sebesar 94,4% terdapat pada kegiatan inti pembelajaran; 4) penerapan program pendidikan ekonomi kreatif dalam kegiatan pengembangan diri sudah menerapkan nilai-nilai pendidikan ekonomi kreatif, dari 6 nilai-nilai pedidikan konomi kreatif nilai produktif paling sering diintegrasikan sebesar 83,3% terdapat pada kegiatan majalah dinding; 5) sarana dan prasarana yang disediakan oleh Sekolah Dasar untuk mendukung program pendidikan ekonomi kreatif masih minim, hanya perpustakaan yang mendukung program pendidikan ekonomi kreatif; 6) hambatan dalam penerapan program pendidikan ekonomi kreatif yaitu kurangnya pemahaman, kurangya sosialisasi tentang program pendidikan ekonomi kreatif serta ketiadaan panduan program pendidikan ekonomi kreatif. Kata Kunci: evaluasi, program, pendidikan ekonomi kreatif.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:19
Last Modified: 29 Jan 2019 20:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15097

Actions (login required)

View Item View Item