MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MENGGUNTING DAN MENEMPEL PADA ANAK KELOMPOK B1 DI TK ABA KARANGBENDO BANGUNTAPAN BANTUL

Halimatus, Sahdiyah (2015) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MENGGUNTING DAN MENEMPEL PADA ANAK KELOMPOK B1 DI TK ABA KARANGBENDO BANGUNTAPAN BANTUL. S1 thesis, PG PAUD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan menggunting dan menempel pada anak kelompok B1 di TK ABA Karangbendo. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Penelitian dilaksanakan dua siklus, setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Subyek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B1 sejumlah 24 anak yaitu 12 anak laki-laki dan 12 anak perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April-Mei tahun ajaran 2012/2013. Instrumen penelitian berupa lembar observasi, lembar wawancara dan lembar dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan motorik halus anak dapat ditingkatkan melalui kegiatan menggunting dan menempel. Peningkatan tersebut dapat diketahui dari persentase peningkatan anak yang mendapat kriteria baik. Hasil perolehan pada kondisi awal sebelum tindakan yang mencapai kriteria baik sebesar 16 % atau 4 anak, Pada siklus I, persentase kriteria baik mengalami peningkatan sebesar 26% menjadi 42% atau 10 anak. Pada siklus II yang mendapatkan kriteria baik terjadi peningkatan sebesar 46% menjadi 88% atau 21 anak. Kata kunci : motorik halus, menggunting, menempel

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:17
Last Modified: 29 Jan 2019 20:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15091

Actions (login required)

View Item View Item