IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN BUDI PEKERTI PADA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK B TK NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA

Jeni, Rismala (2015) IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN BUDI PEKERTI PADA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK B TK NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA. S1 thesis, PG PAUD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI JENI RISMALA (09111244034).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) implementasi pengembangan budi pekerti pada anak usia dini di Kelompok B TK Negeri Pembina Yogyakarta, 2) faktor penghambat dan pendukung dalam implementasi pengembangan budi pekerti pada anak usia dini di Kelompok B TK Negeri Pembina Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif analitik. Subjek sasaran dalam penelitian ini pengelola/kepala sekolah TK Negeri Pembina dan pendidik Kelompok B TK Negeri Pembina. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif analitik terdiri dari pemeriksaan akan kelengkapan jawaban, tally, dan menghitung persentase jawaban responden. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) secara garis besar implementasi pengembangan nilai-nilai budi pekerti sudah dilakukan 100% di Kelompok B TK Negeri Pembina, mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi dilakukan dengan baik. Perencanaan yang dibuat mengacu pada panduan pendidikan karakter dan silabus pada kurikulum. Perencanaan dimulai dari pembuatan perencanaan semester, RKM, dan RKH serta setting lingkungan sekolah dengan nuansa yang kental akan budi pekerti. Pelaksanaan dilakukan dengan metode dan teknik pembelajaran yang bervariatif, keterlibatan orang tua, strategi pengembangan budi pekerti dan diaplikasikan dalam KBM. Sementara evaluasi dalam implementasi pengembangan nilai budi pekerti dilakukan dengan penilaian, tidak ada penilaian secara khusus tetapi bergabung dalam segala bidang. 2) faktor pendukung dalam implementasi pengembangan nilai budi pekerti di kelompok B TK Negeri Pembina Yogyakarta meliputi: a) adanya workshop bagi pendidik dalam mengembangkan nilai-nilai budi pekerti, b) adanya papan pembiasaan dan papan nasehat tentang nilai budi pekerti bagi peserta didik dan pendidik, c) adanya sarana dan prasarana pembelajaran yang memadai. Sementara faktor penghambat dalam implementasi pengembangan nilai budi pekerti di kelompok B TK Negeri Pembina Yogyakarta meliputi: a) perbedaan pola asuh orang tua pada peserta didik, b) kurangnya kerjasama dari orang tua murid, c) waktu pembelajaran yang terbatas, d) perbedaan kemampuan anak dalam mengikuti pembelajaran. Kata kunci: budi pekerti dan anak usia dini

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:17
Last Modified: 29 Jan 2019 20:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15090

Actions (login required)

View Item View Item