PENGARUH PERMAINAN BINTANG BERALIH DAN SUNDA MANDATERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK KELOMPOK B DI TK ABA GUNUNGSAREN KECAMATAN SRANDAKAN

Kartika Dewi, Sis Bintari (2015) PENGARUH PERMAINAN BINTANG BERALIH DAN SUNDA MANDATERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK KELOMPOK B DI TK ABA GUNUNGSAREN KECAMATAN SRANDAKAN. S1 thesis, PG PAUD.

[img]
Preview
Text
Kartika Dewi Sis Bintari(09111244019).pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan permainan bintang beralih dan sunda manda terhadap kemampuan motorik kasar anak kelompok B di TK ABA Gunungsaren. Tujuan dari penelitian ini unuk mengetahui kemampuan motorik kasar siswa kelompok B di TK ABA Gunungsaren. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu atau quasi exsperiment yaitu eksperimen tidak betul-betul tetapi hanya mirip eksperimen. Jenis penelitian eksperimen semu disini menggunakan metode penelitian pretest ,perlakuan, posttest. Dalam penelitian ini desain yang digunakan adalah one-group pretest-postest design. Subjek dari penelitian ini adalah anak kelompok B di TK ABA Gunungsaren. Subjek penelitian berjumlah 22 anak. Tes menggunakan tes kemampuan motorik kasar. Tujuan tes ini untuk mengukur kemampuan motorik kasar anak. Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis melalui uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh latihan permainan bintang beralih dan sunda manda terhadap kemampuan motorik kasar anak kelompok B di TK ABA Gunungsaren. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi hitung pada uji hipotesis kelompok pretest dan post test sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (Sig < 0,05). Kata Kunci: Permainan Bintang Beralih, Sunda Manda, Kemampuan Motorik Kasar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:17
Last Modified: 29 Jan 2019 20:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15087

Actions (login required)

View Item View Item