PENERAPAN PENDIDIKAN INKLUSIF PADA PEMBELAJARAN TAMAN KANAK-KANAK KELOMPOK A (STUDI KASUS DI KOMIMO PLAYSCHOOL YOGYAKARTA)

Chita Faradilla, Ambarkusumawati (2015) PENERAPAN PENDIDIKAN INKLUSIF PADA PEMBELAJARAN TAMAN KANAK-KANAK KELOMPOK A (STUDI KASUS DI KOMIMO PLAYSCHOOL YOGYAKARTA). S1 thesis, PG PAUD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendidikan inklusif pada pembelajaran TK kelompok A, di Komimo playschool Yogyakarta. Objek penelitian adalah proses pembelajaran TK kelompok A di Komimo playschool Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif menggunakan model analisis interaktif. Data hasil penelitian diuji kembali keabsahannya menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan inklusif melayani segala kebutuhan peserta didik tanpa memandang segala perbedaan. Hal tersebut dapat dilihat dari: (1) komposisi kelas terdiri dari berbagai aspek keberanekaragaman; (2) setiap peserta didik diberi perlakuan yang sesuai dengan kebutuhannya; (3) SPMB berdasarkan usia anak dan tidak ada tes; (4) menggunakan kurikulum 2010 yang dimodifikasi sesuai kebutuhan peserta didik; dan (5) pembelajaran mengembangkan aspek: kognitif, bahasa, fisik-motorik, sosial-emosional, dan moral. Kata kunci : pendidikan inklusif, pembelajaran TK, TK kelompok A

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:17
Last Modified: 29 Jan 2019 20:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15084

Actions (login required)

View Item View Item