PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI PROGRAM ILMU SOSIAL SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014

Purnawati, Dewi (2014) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI PROGRAM ILMU SOSIAL SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Pengesahan(scan).pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Persetujuan(scan).pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstract.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III Metode Penelitian.pdf

Download (175kB) | Preview

Abstract

enelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Belajar Akuntansi; (2) Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi; dan (3) Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Perhatian Orang Tua secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Program Ilmu Sosial SMA Negeri 4 Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian populasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Program Ilmu Sosial SMA Negeri 4 Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014 yang berjumlah 90 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Uji coba instrumen penelitian dilakukan terhadap 30 siswa kelas XI Program Ilmu Sosial SMA Negeri 11 Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Uji validitas instrumen menggunakan rumus korelasi Product Moment, sedangkan uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus koefisien Alpha. Uji prasyarat analisis meliputi uji linearitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari analisis regresi sederhana untuk menguji hipotesis pertama dan kedua, serta analisis regresi ganda dua prediktor untuk menguji hipotesis ketiga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Program Ilmu Sosial SMA Negeri 4 Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi (rx1y) sebesar 0,408, r2x1y sebesar 0,167, serta nilai t hitung sebesar 4,198 lebih besar dari t tabel pada taraf signifikansi 5% (4, 198 > 1,662). (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Program Ilmu Sosial SMA Negeri 4 Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi (rx2y) sebesar 0,463, r2x2y sebesar 0,215, serta nilai t hitung sebesar 4,907 lebih besar dari t tabel pada taraf signifikansi 5% (4,907 > 1,662). (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Kecerdasan Emosional dan Perhatian Orang Tua secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Program Ilmu Sosial SMA Negeri 4 Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi ganda (Ry(1,2)) sebesar 0,641, R2y(1,2) sebesar 0,4103, serta nilai F hitung sebesar 30,266 lebih besar dari F tabel pada taraf signifikansi 5% (30,266 > 3,098). Sumbangan relatif variabel Kecerdasan Emosional sebesar 35,98% dan Perhatian Orang Tua sebesar 64,02%. Variabel Kecerdasan Emosional memberikan sumbangan efektif sebesar 14,76%, dan variabel Perhatian Orang Tua sebesar 26,27%, sedangkan total sumbangan efektif sebesar 41,03%. Kata Kunci “Kecerdasan Emosional, Perhatian Orang Tua, dan Prestasi Belajar Akuntansi”

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:18
Last Modified: 29 Jan 2019 20:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15083

Actions (login required)

View Item View Item