Purnawati, Dewi (2014) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI PROGRAM ILMU SOSIAL SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.
|
Text
cover.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
Halaman Pengesahan(scan).pdf Download (304kB) | Preview |
|
|
Text
Halaman Persetujuan(scan).pdf Download (215kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (79kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text
abstract.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
Bab III Metode Penelitian.pdf Download (175kB) | Preview |
Abstract
enelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Belajar Akuntansi; (2) Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi; dan (3) Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Perhatian Orang Tua secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Program Ilmu Sosial SMA Negeri 4 Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian populasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Program Ilmu Sosial SMA Negeri 4 Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014 yang berjumlah 90 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Uji coba instrumen penelitian dilakukan terhadap 30 siswa kelas XI Program Ilmu Sosial SMA Negeri 11 Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Uji validitas instrumen menggunakan rumus korelasi Product Moment, sedangkan uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus koefisien Alpha. Uji prasyarat analisis meliputi uji linearitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari analisis regresi sederhana untuk menguji hipotesis pertama dan kedua, serta analisis regresi ganda dua prediktor untuk menguji hipotesis ketiga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Program Ilmu Sosial SMA Negeri 4 Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi (rx1y) sebesar 0,408, r2x1y sebesar 0,167, serta nilai t hitung sebesar 4,198 lebih besar dari t tabel pada taraf signifikansi 5% (4, 198 > 1,662). (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Program Ilmu Sosial SMA Negeri 4 Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi (rx2y) sebesar 0,463, r2x2y sebesar 0,215, serta nilai t hitung sebesar 4,907 lebih besar dari t tabel pada taraf signifikansi 5% (4,907 > 1,662). (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Kecerdasan Emosional dan Perhatian Orang Tua secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Program Ilmu Sosial SMA Negeri 4 Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi ganda (Ry(1,2)) sebesar 0,641, R2y(1,2) sebesar 0,4103, serta nilai F hitung sebesar 30,266 lebih besar dari F tabel pada taraf signifikansi 5% (30,266 > 3,098). Sumbangan relatif variabel Kecerdasan Emosional sebesar 35,98% dan Perhatian Orang Tua sebesar 64,02%. Variabel Kecerdasan Emosional memberikan sumbangan efektif sebesar 14,76%, dan variabel Perhatian Orang Tua sebesar 26,27%, sedangkan total sumbangan efektif sebesar 41,03%. Kata Kunci “Kecerdasan Emosional, Perhatian Orang Tua, dan Prestasi Belajar Akuntansi”
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Umum > Penelitian Pendidikan > Pendidikan (Umum) Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Admin Akuntansi FE |
Date Deposited: | 07 Apr 2015 03:18 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 20:06 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15083 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |