PENGARUH LATIHAN PERNAFASAN TERHADAP KETAHANAN NAFAS ATLET SELAM NOMOR APNEA KABUPATEN BANYUMAS

Amelia Arum Lestari, Amelia AL. (2014) PENGARUH LATIHAN PERNAFASAN TERHADAP KETAHANAN NAFAS ATLET SELAM NOMOR APNEA KABUPATEN BANYUMAS. S1 thesis, FIK UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (239MB) | Preview

Abstract

Atlet selam nomor apnea dituntut untuk memiliki ketahanan nafas yang baik. Salah satu upaya meningkatan ketahanan nafas yang baik adalah dengan latihan pernafasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan pernafasan terhadap ketahanan nafas atlet selam nomor apnea di Kabupaten Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan desain penelitian one group pretest and posttest design. Populasi penelitian ini adalah atlet selam nomor apnea di Kabupaten Banyumas yang tergabung dalam anggota Banyumas Diving Community atau BDC yang berjumlah 19 orang.Pengambilan sampel dengan total sampling. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tes sebelum dan sesudah diberikan perlakuan berupa latihan pernafasan irama lambat selama satu menit dengan melakukan inspirasi maksimal dan ekspirasi maksimal. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah meteran dan stop watch. Teknik analisis data menggunakan paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa uji t ditinjau dari jarak dan waktu, menunjukan adanya perbedaan yang signifikan (p < 0,05) dengan taraf signifikasi berturut-turut sebesar p = 0,002 dan p = 0,000. Sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan latihan pernafasan terhadap ketahanan nafas atlet selam nomor apnea di Kabupaten Banyumas. Apabila dilihat dari angka mean difference sebesar 2,78 meter atau peningkatan 13,14% ditinjau dari jarak dan 3,16 detik atau peningkatan 16,43% ditinjau dari waktu. Hal ini menunjukkan bahwa latihan pernafasan memberikan perubahan terhadap ketahanan nafas atlet selam nomor apnea dibandingkan sebelum diberikan latihan. Kata Kunci : Selam, latihan pernafasan, ketanahan nafas

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Admin PKR FIK
Date Deposited: 02 Apr 2015 00:32
Last Modified: 11 Mar 2019 02:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15070

Actions (login required)

View Item View Item