PENYUSUNAN NORMA PENILAIAN KESEGARAN JASMANI UNTUK ANAK TUNAGRAHITA RINGAN USIA 13-15 TAHUN DI YOGYAKARTA

Novi Setyawan Putra, Novi SP. (2014) PENYUSUNAN NORMA PENILAIAN KESEGARAN JASMANI UNTUK ANAK TUNAGRAHITA RINGAN USIA 13-15 TAHUN DI YOGYAKARTA. S1 thesis, FIK UNY.

[img]
Preview
Text
Skripsi Novi Setyawan Putra.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berdasarkan pada norma penilaian tes kesegaran jasmani Indonesia yang tidak sesuai untuk anak tunagrahita, karena kondisi anak tunagrahita yang berbeda dengan anak normal. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun norma penilaian kesegaran jasmani anak tunagrahita ringan usia 13-15 tahun di Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode survei dengan instrumen berupa tes kesegaran jasmani Indonesia. Subjek penelitian yang digunakan adalah anak tunagrahita ringan usia 13-15 tahun di Yogyakarta. Teknik pengambilan sample dengan cara purposive sample, dengan jumlah sampel 72 anak. Teknik analisis data menggunakan deskriptif dengan perhitungan skala lima yaitu, metode pembagian nilai pada lima kategori terdiri dari baik sekali, baik, sedang, kurang, dan kurang sekali.. Berdasarkan hasil perhitungan dengan skala lima bahwa norma tes kesegaran jasmani anak tunagrahita ringan usia 13-15 tahun di Yogyakarta dengan menggunakan tes TKJI anak normal telah tersusun, dapat diketahui hasil penyusunan norma penilaian kesegaran jasmani anak tunagrahita ringan usia 13-15 tahun di Yogyakarta adalah sebagai berikut; nilai ≥ 17 diklasifikasikan kedalam kategori Baik Sekali (BS), jumlah nilai 14 – 16 diklasifikasikan kedalam kategori Baik (B), jumlah nilai 11 – 13 diklasifikasikan kedalam kategori Sedang (S), jumlah nilai 8 – 10 diklasifikasikan kedalam kategori Kurang (K), dan jumlah nilai 5 – 7 termasuk dalam kategori Kurang sekali (KS). Kata kunci : Kesegaran jasmani, anak tunagrahita ringan usia 13-15, se Yogyakarta

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Admin PKR FIK
Date Deposited: 02 Apr 2015 00:27
Last Modified: 11 Mar 2019 02:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15069

Actions (login required)

View Item View Item