NORMA TES KESEGARAN JASMANI INDONESIA UNTUK ANAK TUNAGRAHITA RINGAN USIA 10-12 TAHUN DI WILAYAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Aji Sugiarto, Aji S. (2014) NORMA TES KESEGARAN JASMANI INDONESIA UNTUK ANAK TUNAGRAHITA RINGAN USIA 10-12 TAHUN DI WILAYAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, FIK UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_AJI SUGIARTO.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada data bahwa tingkat kesegaran jasmani anak tunagrahita ringan selalu rendah hasilnya jika di tes menggunakan TKJI, karena norma dalam tes tersebut untuk anak normal. Penelitian ini bertujuan untuk membuat norma tes kesegaran jasmani bagi anak tunagrahita ringan usia 10-12 tahun Di Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode survei dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes dan pengukuran. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tes Kesegaran Jasmani Indonesia (TKJI). Populasi dalam penelitian ini adalah anak tunagrahita ringan usia 10-12 tahun sejumlah 218 Siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 37 siswa. Terdiri atas 28 siswa putra dan 9 siswa putri. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil perhitungan jarak interval diketahui bahwa norma tes kesegaran jasmani anak tunagrahita ringan usia 10-12 tahun Di Wilayah DIY dengan menggunakan tes TKJI anak normal telah tersusun. Hasil penyusunan norma tes kesegaran jasmani bagi anak tunagrahita ringan usia 10-12 tahun itu sendiri adalah sebagai berikut; jumlah nilai 13-14 dapat diklasifikasikan tingkat kesegaran jasmani adalah Baik Sekali (BS), jumlah nilai 11-12 diklasifikasikan Baik (B), nilai 9-10 diklasifikasikan Sedang (S), nilai 7-8 dapat diklasifikasikan Kurang (K), dan jumlah nilai 5-6 diklasifikasikan Kurang Sekali (KS). Kata kunci : Norma Kesegaran Jasmani, anak tunagrahita ringan usia 10- 12 tahun.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Admin PKR FIK
Date Deposited: 02 Apr 2015 00:09
Last Modified: 02 Apr 2015 00:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15066

Actions (login required)

View Item View Item