PENGEMBANGAN MAJALAH KIMIA SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR MANDIRI PADA MATA PELAJARAN KIMIA UNTUK PESERTA DIDIK SMA/MA KELAS XII

ASSALAMI, LISA (2010) PENGEMBANGAN MAJALAH KIMIA SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR MANDIRI PADA MATA PELAJARAN KIMIA UNTUK PESERTA DIDIK SMA/MA KELAS XII. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
abstrak indonesia.docx

Download (13kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dalam bidang pendidikan kimia. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui cara mengembangkan majalah kimia untuk peserta didik SMA/MA kelas XII yang memenuhi Standar Isi dan kriteria sebagai sumber belajar mandiri dan juga untuk menentukan kualitas majalah kimia ini ditinjau dari aspek pendekatan penulisan, kelayakan konsep, kebahasaan, anatomi majalah, tampilan ilustrasi, dan tampilan majalah keseluruhan. Model pengembangan yang digunakan adalah model prosedural. Prosedur pengembangan majalah terdiri atas 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pengorganisasian, tahap pelaksanaan dan tahap penilaian. Produk awal ditinjau dan diberi masukan oleh 3 peer reviewer, 1 ahli media dan 1 ahli materi, dan selanjutnya direvisi. Produk revisi dinilai dan diberi masukan oleh reviewer, yaitu 5 guru kimia SMA/MA di wilayah propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Instrumen penilaian majalah kimia berupa angket yang terdiri dari 6 aspek penilaian dan 40 indikator penilaian. Hasil penilaian yang berupa skor kemudian ditabulasi dan dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas majalah kimia. Masukan dari reviewer digunakan untuk merevisi produk yang sudah dinilai sehingga diperoleh produk akhir. Hasil penelitian pengembangan ini berupa prosedur pengembangan majalah kimia dan kualitas majalah kimia. Prosedur ini meliputi tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan penilaian. Majalah kimia yang dikembangkan mempunyai kualitas sangat baik (SB) dengan skor rara-rata 175,6 dan persentase keidealan sebesar 87,8 %.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 01 Apr 2015 06:56
Last Modified: 01 Apr 2015 06:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15048

Actions (login required)

View Item View Item