UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS V SD TIMBULHARJO SEWON BANTUL

Maryani, Prisminar Yulia (2015) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS V SD TIMBULHARJO SEWON BANTUL. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) PADA SISWA KE.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPS dengan pendekatan contextual teaching and learning pada siswa kelas V SD Timbulharjo Sewon Bantul. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) kolaborasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VA SD Timbulharjo yang berjumlah 30 siswa. Model penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Metode yang digunakan dalam pengumpulkan data adalah : 1) tes, 2) observasi, 3) catatan lapangan, dan 4) dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah statistik deskriptif yaitu dengan mencari rerata. Pembelajaran IPS dengan menggunakan contextual teaching and learning dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas V SD Timbulharjo Sewon Bantul. Peningkatan prestasi belajar IPS pada siklus I rata-rata sebesar 6,20, kondisi awal 69 meningkat menjadi 75,20 dan peningkatan siklus II sebesar 11,53 kondisi awal 69 meningkat menjadi 80,53. Kata kunci: Prestasi belajar IPS, contextual teaching and learning

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:18
Last Modified: 29 Jan 2019 20:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15045

Actions (login required)

View Item View Item