UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN ISI DONGENG DENGAN PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS I SD NEGERI GENTAN NGAGLIK SLEMAN

Susanti, - (2015) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN ISI DONGENG DENGAN PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS I SD NEGERI GENTAN NGAGLIK SLEMAN. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (32MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang isi dongeng dengan media gambar seri pada siswa kelas I SD Negeri Gentan, Ngaglik, Sleman. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc. Taggart berkolaborasi dengan guru kelas I. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas I SD Negeri Gentan, Ngaglik, Sleman yang berjumlah 27 siswa. Penelitian tindakan dilaksanakan dalam 2 siklus, dengan masing-masing siklus I terdiri dari dua pertemuan sedangkan siklus II terdiri dari satu pertemuan. Pada setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data hasil penelitian diperoleh dari observasi dan hasil tes belajar. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif dan deskripsi kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar seri dapat meningkatkan pemahaman isi dongeng pada siswa kelas I SD Negeri Gentan, Ngaglik, Sleman. Nilai rata-rata kelas pada awal siklus adalah 69,11. Hal ini dapat dilihat peningkatan hasil belajar memahami isi dongeng pada siklus I sebesar 1,15 (kondisi awal 69,11 menjadi 70,26) dengan peningkatan persentase ketuntasan adalah 11% (dari kondisi awal 52% menjadi 63%) dan peningkatan pada siklus II sebesar 10.89 (siklus I 70,26 menjadi 81,15) dengan peningkatan persentase ketuntasannya sebesar 36% (siklus I 63% menjadi 89%). Kata kunci : pemahaman, isi dongeng, media gambar seri, SD Negeri Gentan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:18
Last Modified: 29 Jan 2019 20:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15042

Actions (login required)

View Item View Item