MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWA KELAS V A SD 2 SUNGAPAN KABUPATEN BANTUL

Lusitasari, Andriana (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWA KELAS V A SD 2 SUNGAPAN KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Andriana Lusitasari - NIM 09108247003.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada siswa kelas V A SD 2 Sungapan kabupaten Bantul. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc.Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V A SD 2 Sungapan yang berjumlah 18 siswa, terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah teknik observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar tes dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Data yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif adalah hasil belajar, sedangkan data yang dianalisis secara deskriptif kualitatif adalah hasil observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan digunakannya model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa. Peningkatan hasil belajar siswa tersebut dapat dilihat dari nilai yang diperoleh siswa sebelum dan sesudah dilakukan tindakan. Sebelum dilakukan tindakan ada 8 siswa atau 44,44 % dari seluruh siswa yang mendapat nilai ≥ 65. Setelah dilakukan tindakan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di siklus I, hasil tes di siklus I ada 11 siswa atau 61,11 % dari seluruh siswa yang mendapat nilai ≥ 65. Demikian pula setelah dilakukan perbaikan dengan memodifikasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD di siklus II dengan pembentukan kelompok yang lebih heterogen, pembagian tugas dalam kelompok, pembagian waktu dan pemberian penghargaan yang lebih menarik pada siklus II, dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa, ditandai ada 15 siswa atau 83,33 % dari seluruh siswa yang mendapat nilai ≥ 65. Nilai rata-rata hasil tes meningkat, pada siklus I yaitu 65,00 sedangkan pada siklus II yaitu 74,17. Kata Kunci : hasil belajar IPS, model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:18
Last Modified: 07 Sep 2015 03:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15038

Actions (login required)

View Item View Item