UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN TEKNIK SURVEI QUESTION READ RECITE REVIEW SISWA KELAS VA SD MODEL KABUPATEN SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Wijayanti, - (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN TEKNIK SURVEI QUESTION READ RECITE REVIEW SISWA KELAS VA SD MODEL KABUPATEN SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI WIJAYANTI.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas V di SD Model Kabupaten Sleman menggunakan teknik SQ3R dan mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran membaca pemahaman menggunakan teknik SQ3R. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang berkolaborasi dengan rekan sejawat. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Model Kabupaten Sleman yang berjumlah 21, terdiri dari 11 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif untuk menganalisis hasil observasi penggunaan teknik SQ3R dalam pembelajaran membaca pemahaman dan deskriptif kuantitatif untuk menganalisis hasil tes membaca pamahaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik SQ3R dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VA SD Model Kabupaten Sleman. Hasil belajar membaca pemahaman berupa produk melalui soal evaluasi siklus I petemuan pertama diperoleh rata-rata 77,86 dan pertemuan kedua 79,09 dengan persentase tuntas KKM 76,19%. Pada siklus II pertemuan pertama 86 dan pertemuan kedua 86,67 dengan persentase tuntas KKM 80,95%. Proses pembelajaran yang diajar menggunakan teknik SQ3R menjadi lebih efektif dan efisien serta memberikan hasil yang maksimal. Siswa lebih fokus dan konsentrasi dalam mengikuti pembelajaran. Dengan teknik SQ3R juga membuat siswa menjadi lebih aktif, kreatif, dan mampu mengingat lebih banyak isi yang terkandung dalam bacaan. Rata-rata nilai proses membaca pemahaman menggunakan teknik SQ3R pada siklus I pertemuan pertama 75,19 dan pertemuan kedua 76,19. Siklus II pertemuan pertama 82,29 dan pertemuan kedua 83,43. Kata kunci : Hasil belajar, Teknik SQ3R, Membaca Pemahaman

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:18
Last Modified: 29 Jan 2019 20:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15035

Actions (login required)

View Item View Item