UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) UNTUK SISWA KELAS V SD N MALANGREJO NGEMPLAK TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Nurwidayanti, Siamsih (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) UNTUK SISWA KELAS V SD N MALANGREJO NGEMPLAK TAHUN PELAJARAN 2011/2012. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Siamsih Nurwidayanti(09108247071).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Malangrejo Kecamatan Ngemplak Kabupaten Sleman melalui Pendekatan Matematika Realistik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Data hasil penelitian diperoleh dari tes hasil belajar siswa, hasil observasi selama kegiatan pembelajaran menggunakan lembar observasi aktivitas guru dalam menerapkan Pendekatan Matematika Realistik, lembar observasi keaktifan siswa, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Malangrejo Kecamatan Ngemplak mengalami peningkatan. Hal ini didukung dengan penggunaan Pendekatan Matematika Realistik yang menekankan 8 aspek dengan memperhatikan keefektifan jumlah benda yang dianalisis dan waktu untuk pembelajaran. Peningkatan persentase hasil belajar siswa untuk setiap siklus, yaitu pada siklus I sebesar 65,52%, dan untuk siklus II sebesar 86,21%. Selain itu hasil rata-rata persentase lembar observasi keaktifan belajar matematika siswa untuk tiap siklus, yaitu pada siklus I sebesar 42,28% dan untuk siklus II sebesar 73,57%. Kata kunci: Hasil belajar matematika, Pendekatan Matematika Realistik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:18
Last Modified: 29 Jan 2019 20:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15033

Actions (login required)

View Item View Item