PERANAN GURU PENJAS SMP NEGERI SE KABUPATEN BANTUL DALAM MEMBANGUN KARAKTER SISWA

Ghufron, Ghufron Binarou (2013) PERANAN GURU PENJAS SMP NEGERI SE KABUPATEN BANTUL DALAM MEMBANGUN KARAKTER SISWA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Skrip2.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Munculnya masalah perilaku siswa tidak berkarakter di Kabupaten Bantul diantaranya: sering membolos, mengakses video porno, meminum-minuman keras dll, terkait dengan peranan guru dalam pendidikan karakter yaitu sebagai inspirator, dinamisator, keteladanan, motivator, pendorong kreativitas, evaluator, maka perlu diadakan penelitian mengenai “peranan guru Penjas SMP Negeri Se Kabupaten Bantul dalam membangun karakter siswa”. Penelitian ini penting dan layak dilakukan karena merupakan penelitian awal untuk memperoleh informasi yang komprehensip terhadap guru penjas dalam membangun karakter. Populasi penelitian seluruh guru penjas SMP N di Kabupaten Bantul sebanyak 79 orang, dengan sampel 30 orang. Penelitian menggunakan teknik sampel wilayah. Teknik pengumpulan data dengan kuisioner/angket dengan nilai reliabilitas 0.954 dan batas validitas 0,239. Jumlah kuesioner 36 pernyataan terdiri dari 5 jawaban, yaitu selalu (SL), sering (SR), kadang-kadang (KD), hampir tidak pernah (HTP) dan tidak pernah (TP). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif persentase. Hasil penelitian peranan guru penjas SMP Negeri dalam membangun karakter siswa memiliki kategori yang berbeda-beda namun frekuensi yang cenderung paling banyak adalah rendah dengan frekuensi 11 guru penjas (36.67%) sedangkan 2 guru penjas (6.67%) berkategori sangat tinggi, 10 guru penjas (33.33%) berkategori tinggi, 6 guru penjas (20%) berkategori sedang, dan 1 guru penjas (3.33%) berkategori sangat rendah.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 01 Apr 2015 06:00
Last Modified: 29 Jan 2019 20:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15030

Actions (login required)

View Item View Item