PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI NOGOSAREN GAMPING SLEMAN YOGYAKARTA

Krisniawati, Fetty (2015) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI NOGOSAREN GAMPING SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FETTI KRISNIAWATI.pdf

Download (153MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar IPS dengan menggunakan Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw pada siswa kelas IV SD Negeri Nogosaren, Gamping, Sleman, Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain penelitian ini menggunakan model penelitian dari Kemmis dan Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Nogosaren yang berjumlah 26 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan perubahan peningkatan dan tindakan dipantau dengan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran IPS dengan Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw mampu meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Nogosaren, Gamping, Sleman, Yogyakarta. Peningkatan hasil belajar kognitif meningkat dari rata-rata 50 dengan ketuntasan 26,9% pada kondisi awal (pretest) menjadi rata-rata 73,3 dengan ketuntasan 61,5% pada siklus I dan rata-rata 77,3 dengan ketuntasan 88,5% pada siklus II. Kata kunci: prestasi belajar IPS, Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:17
Last Modified: 29 Jan 2019 20:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15024

Actions (login required)

View Item View Item