UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI MERDIKOREJO TEMPEL SLEMAN TAHUN AJARAN 2012/2013

Murwantara, - (2015) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI MERDIKOREJO TEMPEL SLEMAN TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Skripsi Murwantara.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

IPA merupakan salah satu mata pelajaran yang seharusnya banyak memberi kesempatan kepada siswa untuk dapat memahami alam secara langsung. Namun demikian sering kali kesempatan itu tidak dimiliki oleh siswa SD Negeri Merdikorejo. Imbasnya, hasil belajar IPA pada kelas IV khususnya masih belum dapat mencapai target ketuntasan yang telah ditentukan. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Merdikorejo, Tempel, Sleman dengan menerapkan strategi pembelajaran inkuiri (SPI). Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research) kolaboratif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Merdikorejo, Tempel, Sleman. Jumlah siswa dalam kelas ini ada 33 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, pengamatan, dan dokumentasi. Uji validitas instrumen menggunakan uji validitas construck melalui expert judgement kepada dosen ahli yang kompeten dengan penelitian. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif menggunakan penghitungan skor rata-rata. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar IPA dengan target 75 % dari jumlah siswa yang mengikuti proses belajar mengajar telah mencapai KKM dan nilai rata-rata kelas ≥ 63. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Merdikorejo dalam pembelajaran IPA menggunakan strategi pembelajaran inkuiri baik pada siklus I maupun siklus II. Hasil belajar pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 9,66 dengan kondisi awal 51,18 meningkat menjadi 60,84 dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 15,39 dengan kondisi awal 51,18 meningkat menjadi 66,57. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 24,25% dengan kondisi awal 27,27% meningkat menjadi 51,52% dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 48,49% dengan kondisi awal 27,27% meningkat menjadi 75,76%. Kata kunci : hasil belajar IPA, strategi pembelajaran inkuiri (SPI)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:18
Last Modified: 29 Jan 2019 20:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15022

Actions (login required)

View Item View Item