PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DENGAN METODE FIELD TRIP DI KELAS IV SD NEGERI GEGULU KULON PROGO

Hartana, Sri (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DENGAN METODE FIELD TRIP DI KELAS IV SD NEGERI GEGULU KULON PROGO. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SRI HARTANA 10108247055.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan metode field trip dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi dan mengetahui seberapa besar peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa yang diajarkan dengan metode field trip di kelas IV SD Negeri Gegulu Kulon Progo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dengan model Kemmis dan McTaggart. Penelitian dilakukan dua siklus dengan menerapkan metode field trip dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi. Subjek penelitian ini 25 siswa kelas IV SD Negeri Gegulu. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Instrumen berupa soal tes dan lembar observasi. Data dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan, metode field trip dilaksanakan dengan mengunjungi mushola dan perpustakaan sekolah kemudian siswa menulis karangan deskripsi berdasarkan objek yang diamati. Peningkatan proses terlihat dari kondisi siswa lebih aktif dan antusias dalam pembelajaran. Peningkatan produk terlihat dari nilai rata-rata dan ketuntasan belajar siswa. Nilai rata-rata meningkat sebesar 5,6 pada Siklus I (kondisi awal 62,76 meningkat menjadi 68,36) dan sebesar 10,32 pada Siklus II (kondisi awal 62,76 meningkat menjadi 73,08). Ketuntasan belajar siswa meningkat sebesar 16% pada Siklus I (kondisi awal 56% meningkat menjadi 72%) dan sebesar 28% pada Siklus II (kondisi awal 56% meningkat menjadi 84%). Kata kunci: karangan deskripsi, metode field trip, kelas IV SD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:17
Last Modified: 29 Jan 2019 20:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15019

Actions (login required)

View Item View Item