PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA MATERI POKOK ANALISIS TITRIMETRI UNTUK SISWA SMK PROGRAM KEAHLIAN ANALISIS KIMIA

Ariyanti, Prastina (2010) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA MATERI POKOK ANALISIS TITRIMETRI UNTUK SISWA SMK PROGRAM KEAHLIAN ANALISIS KIMIA. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
abstrak.docx

Download (15kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan di bidang pendidikan kimia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran kimia berbasis website materi pokok analisis titrimetri untuk siswa SMK program keahlian analisis kimia dan mengetahui kualitas media pembelajaran kimia berbasis website berdasarkan penilaian lima guru kimia SMK. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model prosedural, yaitu model yang bersifat deskriptif, menggambarkan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan suatu produk. Produk awal ditinjau dan diberi masukan oleh dosen pembimbing, ahli media, ahli materi, peer reviewer, dan selanjutnya direvisi. Produk hasil revisi dinilai dan diberi masukan oleh lima guru kimia SMK (reviewer) menggunakan instrumen penilaian media pembelajaran berbasis website. Instrumen tersebut berisi 5 aspek penilaian yaitu aspek kebenaran, keluasan dan kedalaman konsep, aspek kebahasaan, aspek tampilan, aspek keterlaksanaan, aspek kemudahan dalam mengakses dan mengoperasikan, serta terdiri atas 23 kriteria penilaian. Hasil penilaian berupa skor kemudian ditabulasi dan dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas media pembelajaran kimia berbasis website. Masukan dari reviewer digunakan untuk merevisi produk yang sudah dinilai sehingga diperoleh produk akhir. Hasil penelitian pengembangan ini adalah media pembelajaran kimia berbasis website materi pokok analisis titrimetri untuk siswa SMK program keahlian analisis kimia. Kualitas media pembelajaran kimia berbasis website menurut lima guru kimia SMK sangat baik (SB) dengan skor rata-rata 97,6 dan persentase keidealan sebesar 84,87 % sehingga dapat digunakan sebagai sumber belajar mandiri.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 01 Apr 2015 04:50
Last Modified: 29 Jan 2019 20:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15013

Actions (login required)

View Item View Item