PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR OPERASI HITUNG PEMBAGIAN BILANGAN CACAH MELALUI PENDEKATAN TEORI BELAJAR JEROME BRUNER PADA SISWA KELAS II-A SD NEGERI SAMIRONO TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Mintarsih, - (2015) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR OPERASI HITUNG PEMBAGIAN BILANGAN CACAH MELALUI PENDEKATAN TEORI BELAJAR JEROME BRUNER PADA SISWA KELAS II-A SD NEGERI SAMIRONO TAHUN PELAJARAN 2012/2013. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Skripsi Mintarsih.pdf

Download (141MB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika materi operasi hitung pembagian bilangan cacah pada siswa kelas IIA SD Negeri Samirono tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan model spiral Kemmis & Mc. Taggart, langkahnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II-A SD Negeri Samirono yang berjumlah 20 siswa, 12 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes yang instrumennya menggunakan validitas isi dengan experts judgement dan observasi. Teknik analisis data berupa analisis kualitatif untuk data kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan prestasi belajar matematika materi pembagian pada bilangan cacah dengan menggunakan Pendekatan Teori Belajar Jerome Bruner pada siswa kelas II-A SD Negeri Samirono tahun pelajaran 2012/2013. Nilai rata-rata pra tindakan adalah 57,50, siklus I adalah 65,75, siklus II sebesar 74,50, sedangkan untuk ketuntasan belajar pra tindakan sebesar 30% (6 siswa telah mencapai KKM), kemudian meningkat sebesar 25% pada siklus I menjadi sebesar 55% (11 siswa mencapai KKM ), dan pada siklus II meningkat sebesar 30% dari 55% menjadi sebesar 85% (17 siswa telah mencapai nilai KKM). Selain itu aktivitas guru meningkat sebesar 11,25% dari siklus I sebesar 63,75% meningkat menjadi 75,00% pada siklus II. Demikian juga aktivitas siswa mengalami peningkatan sebesar 15,38% dari siklus I sebesar 51,93% meningkat menjadi 67,31% pada siklus II. Kata kunci: prestasi belajar, operasi hitung pembagian bilangan cacah, teori belajar Jerome Bruner

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:18
Last Modified: 29 Jan 2019 20:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15007

Actions (login required)

View Item View Item