PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL MELALUI ASSERTIVE TRAINING PADA SISWA KELAS VIII-H¬ SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014

Sinok Daevik Arista, Sinok (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL MELALUI ASSERTIVE TRAINING PADA SISWA KELAS VIII-H¬ SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI SINOK DAEVIK ARISTA 09104244011.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal pada siswa kelas VIII-H SMP N 15 Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014 melalui metode assertive training. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan (action research) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan menggunakan model Kemmis dan Taggart. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pelaksanaan siklus II dilaksanakan untuk lebih mengoptimalkan kemampuan komunikasi interpersonal siswa. Pengambilan subyek dilakukan melalui teknik purposive sampling. Subyek dalam penelitian ini berjumlah 7 siswa kelas VIII-H SMP N 15 Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014. Jenis tindakan yang dilakukan adalah penerapan metode assertive training berupa permainan peran. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga instrumen yaitu skala kemampuan komunikasi interpersonal, lembar observasi, dan pedoman wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode assertive training dapat meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas VIII-H SMP N 15 Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014. Metode assertive training ini dapat meningkatkan kemampuan interpersonal yang ditunjukkan dengan perubahan pola berfikir, mampu menata ucapan dan menyeleksi kata, mampu memperbaiki cara berkomunikasi, membangun hubungan yang baik, serta menghargai orang lain. Dibuktikan dengan adanya peningkatan pada 7 siswa kelas VIII-H SMP N 15 Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014 dari skor rata-rata pre test 133,25 meningkat pada skor rata-rata post test II menjadi 162,86, dengan peningkatan yang diperoleh adalah sebesar 63,71. Hasil tersebut juga diperkuat dengan hasil wawancara dan observasi terhadap subyek yang menunjukkan adanya peningkatan dalam perilaku berkomunikasi secara interpersonal. Kata kunci: kemampuan komunikasi interpersonal, assertive training

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:18
Last Modified: 29 Jan 2019 20:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15002

Actions (login required)

View Item View Item