DINAMIKA KEHIDUPAN MAHASISWA PENERIMA BEASISWA BIDIKMISI DI FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2013

Mint Husen Raya Aditama, Mint (2015) DINAMIKA KEHIDUPAN MAHASISWA PENERIMA BEASISWA BIDIKMISI DI FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2013. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
COVER, PERSETUJUAN, ....pdf
Restricted to Registered users only

Download (631kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7kB)
[img] Text
BAB 1,2,3,4,5, ....pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari pembuatan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menggambarkan tentang dinamika kehidupan mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode diskriptif kualitatif. Penelitian berlangsung selama satu bulan yaitu dari bulan agustus sampai bulan september. Teknik penentuan subjek dilakukan dengan teknik purposive. Subjek penelitiaan ini adalah MK, AN dan ST. Setting penelitian dilakukan di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Peneliti sebagai instrumen penelitian dibantu pedoman wawancara dan pedoman observasi. Teknis analisis data menggunakan interactive model (Miles & Huberman, 1992) yaitu dengan reduksi data, display data, dan verifikasi data. Uji keabsahan data digunakan teknik triangulasi data sumber. Berdasarkan hasil penelitian latar belakang ketiga subjek dapat diterima bidikmisi adalah berdasarkan prestasi akademik dan kondisi ekonomi keluarganya. Kondisi ekonomi subjek dapat dikatakan cukup, akan tetapi hanya sekedar untuk keperluan makan, sedangkan untuk mencukupi keperluan kuliah ST bekerja, sedangkan AN dan MK lebih memilih menghemat uang pemberian bidikmisi dan juga mengandalkan kiriman orang tua. Aktifitas sosial subjek Mk dan An banyak dihabiskan dilingkungan organisasi, sedangkan St untuk bekerja memenuhi kebutuhan hidup. Subjek Mk dan ST banyak disukai teman kelasnya, sedangkan An kurang disukai teman karena kurang bisa membaur dengan teman kelasnya. Ketiga subjek memiliki IPK diatas 3,5, MK memiliki IPK 3,61, AN memiliki IPK 3,7 sedangkan ST memiliki IPK 3,78, ketiga subjek memiliki IPK tinggi dikarenakan monitoring secara berkala oleh jurusan maupun Universitas. Sedangkan hal yang memotivasi belajar ketiga subjek adalah keinginan meraih prestasi dan keinginan untuk cepat bekerja. Kematangan psikologis ketiga subjek tergolong baik, hal tersebut dapat dilihat dari subjek mempunyai kemandirian emosional dan memiliki kontrol psikologis yang baik sehingga tidak mudah terpengaruh dengan situasi yang membebankan dirinya. Kata kunci: dinamika kehidupan mahasiswa, beasiswa bidikmisi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:18
Last Modified: 29 Jan 2019 20:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14996

Actions (login required)

View Item View Item