IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI 2 SMK NEGERI 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014

Purwanti, Ela (2014) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI 2 SMK NEGERI 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
skripsi full.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi pada Standar Kompetensi Memproses Buku Besar Siswa Kelas X Akuntansi 2 SMK Negeri 1 Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014 melalui Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD). Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk kolaboratif yang dilaksanakan selama dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, angket, catatan lapangan, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi 2 SMK Negeri 1 Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 31 siswa. Teknik Analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data deskriptif. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) diterapkan dengan baik melalui tahapan: pembentukan kelompok, presentasi guru di kelas, kegiatan belajar dalam tim, kuis (evaluasi), dan rekognisi tim. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi 2 SMK Negeri 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Peningkatan ini diketahui dari persentase skor Aktivitas Belajar Akuntansi sebesar 55,17% dari sebelum Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) meningkat menjadi 71,03% di siklus I. Selanjutnya dari siklus I ke siklus II juga terjadi peningkatan sebesar 18,11% atau diperoleh skor sebesar 89,14%. Selain itu, berdasarkan angket yang didistribusikan kepada siswa dapat disimpulkan pula bahwa terjadi peningkatan skor Aktivitas Belajar Akuntansi siswa sebesar 12,96% dari skor siklus I sebesar 74,34% ke siklus II sebesar 87,38%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi. Kata kunci: Student Teams Achievement Divisions (STAD), Aktivitas Belajar Akuntansi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:19
Last Modified: 29 Jan 2019 20:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14990

Actions (login required)

View Item View Item