PENINGKATAN KEMATANGAN KARIR MELALUI TEKNIK GAMES PADA SISWA KELAS XII TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK 1 PUNDONG, BANTUL

Feri Rahmawati, Feri (2015) PENINGKATAN KEMATANGAN KARIR MELALUI TEKNIK GAMES PADA SISWA KELAS XII TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK 1 PUNDONG, BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI_Feri_Rahmawati_09104244033.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kematangan karir pada siswa kelas XII Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK 1 Pundong, Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan subjek penelitian 32 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan secara kolaboratif dengan guru BK SMK 1 Pundong. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala, observasi, dan wawancara. Penelitian dilaksanakan melalui dua siklus,siklus pertama games yang diberikan adalah games Opportunity, games Pengukuran Diri, dan games Jendela Diriku. Siklus kedua, games yang diberikan adalah games Jendela Diriku, games Ujian RIASEC, dan Graphic Gameplan. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa teknik games dapat meningkatkan kematangan karir pada siswa. Peningkatan ini dibuktikan dengan nilai rata-rata skor pre test sebesar 90,71; kemudian meningkat setelahpost test siklus I menjadi 108,34 dengan prosentase peningkatan 22,16%; dan pada post test siklus II meningkat menjadi 115,5 dengan prosentase peningkatan sebesar 31,5%. Selain menggunakan skala, peneliti juga melakukan wawancara dan observasi selama pelaksanaan tindakan. Dari hasil wawancara didapatkan bahwa siswa sudah menyadari pentingnya memiliki perencanaan dan pilihan-pilihan pekerjaan, serta mampu memutuskan pekerjaan yang akan dipilihnya setelah lulus nanti. Selain itu dari hasil observasi menunjukkan bahwa siswa terlihat sudah percaya diri dalam membuat pilihan-pilihan karir, dan sudah memiliki keputusan dalam memilih pekerjaan. Kata kunci: kematangan karir, teknik games

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:17
Last Modified: 29 Jan 2019 20:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14987

Actions (login required)

View Item View Item