TINGKAT KETERAMPILAN BERMAIN BOLABASKET SISWA PUTRA KELAS X SMA NEGERI 1 PURBALINGGA

AnggityaDhanu Dewangga, Anggitya (2013) TINGKAT KETERAMPILAN BERMAIN BOLABASKET SISWA PUTRA KELAS X SMA NEGERI 1 PURBALINGGA. S1 thesis, Fakultas ilmu Keolahragaan.

Full text not available from this repository.

Abstract

Motivasi belajar siswa putra kelas X SMA Negeri 1 Purbalingga rendah saat pembelajaran permainan bolabasket. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterampilan bermain bolabasket siswa putra kelas X di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Purbalingga. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode survei dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes dan pengukuran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa putra kelas X SMA Negeri 1 Purbalingga yang berjumlah 130 siswa. Teknik sampel yang digunakan adalah simple random sampling dengan jumlah 40 siswa. Instrumen tes dalam penelitian ini menggunakan tes kecakapan bermain bolabasket dari STO (Sekolah Tinggi Olahraga) Yogyakarta. Tes kecakapan bermain bolabasket ini disusun untuk siswa putra pada jenjang SMA dengan validitas tes sebesar 0,804 dan reliabilitas tes sebesar 0,893. Teknik analisis data dalam penelitian ini mengunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase yang kemudian dikonversikan dalam norma keterampilan bermain bolabasket dari STO Yogyakarta. Hasil Penelitian tingkat keterampilan bermain bolabasket siswa putra kelas X SMA Negeri 1 Purbalingga secara rinci sebagai berikut, sebanyak nol ( 0 ) siswa atau 0.0% memiliki kategori “sangat baik”, sebanyak 11 siswa (27,5%) memiliki kategori “baik”, sebanyak 18 siswa (45%) memiliki kategori “cukup”, sebanyak 10 siswa (25%) memiliki kategori “sedang”, sebanyak satu (satu) siswa atau 2.5% memiliki kategori “kurang”, sebanyak nol ( 0 ) siswa atau 0.0% memiliki kategori “kurang sekali”, dan sebanyak nol ( 0 ) siswa atau 0.0% memiliki kategori “jelek”. Nilai rerata sebesar 177,25 terletak pada interval 165 – 192, maka tingkat keterampilan bermain bolabasket siswa putra kelas X SMA Negeri 1 Purbalingga adalah “cukup”

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Other
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 01 Apr 2015 03:25
Last Modified: 29 Jan 2019 20:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14981

Actions (login required)

View Item View Item