PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK YPKK 3 SLEMAN TAHUN AJARAN 2012/2013

Sugiyati, Sugiyati (2014) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK YPKK 3 SLEMAN TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
skripsi.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas XI Program Keahlian akuntansi SMK YPKK 3 Sleman Tahun Ajaran 2012/ 2013; (2) Pengaruh Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas XI Program Keahlian akuntansi SMK YPKK 3 Sleman Tahun Ajaran 2012/ 2013. (3) Pengaruh Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru dan Kebiasaan Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas XI Program Keahlian akuntansi SMK YPKK 3 Sleman Tahun Ajaran 2012/ 2013 Penelitian ini adalah penelitian ex post facto dan penelitian kasual komparatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK YPKK 3 Sleman Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 50 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuesioner dan dokumentasi. Uji coba instrumen penelitian dilakukan kepada 30 siswa di SMK YPKK 1 Sleman. Uji validitas instrumen menggunakan teknik analisis korelasi Product Moment dan uji reliabilitas instrumen menggunakan koefisien Alpha Cronbach. Sebelum data penelitian dianalisis, dilakukan uji prasyarat analisis meliputi uji linieritas dan uji multikolinieritas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji hipotesis pertama dan kedua dengan analisis regresi sederhana dan uji hipotesis ketiga dengan analisis regresi ganda Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dengan persamaan regresi yang terbentuk Y= 1,245X1-17,280 dan nilai rx1y (0,605), r2 x1y (0,366) serta thitung (5,263) > ttabel (2,021) pada taraf signifikansi 5%, (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dengan persamaan regresi yang terbentuk Y= 1,118X2-16,205 dan nilai rx2y (0,679), r2 x2y ( 0,460) serta thitung (6,401) > ttabel (2,021) pada taraf signifikansi 5%, (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru dan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dengan persamaan regresi yang terbentuk Y= 0,775X1+0,840X2-45,359 dan nilai Ry(1,2) sebesar 0,758, R2 y(1,2) sebesar 0,574 serta Fhitung (31,664) > Ftabel (3,18) pada taraf signifikansi 5%. Kata Kunci: Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru, Kebiasaan Belajar, Prestasi Belajar Akuntansi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:19
Last Modified: 03 Oct 2019 03:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14977

Actions (login required)

View Item View Item