Catur Gesti Anggraini, Catur (2015) EFEKTIVITAS METODE TUTOR TEMAN SEBAYA DALAM MENINGKATKAN SELF-REGULATED LEARNING SISWA KELAS XI TKJ SMK TARBIYATUL ISLAM KAWUNGANTEN KABUPATEN CILACAP. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
Text
Skripsi.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode tutor teman sebaya dalam meningkatkan self-regulated learning siswa kelas XI TKJ SMK Tarbiyatul Islam Kawunganten Kabupaten Cilacap. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan sampel kelas XI TKJ 1 dengan jumlah 22 siswa sebagai kelompok kontrol dan XI TKJ 2 berjumlah 21 siswa sebagai kelompok eksperimen. Metode penggumpulan data menggunakan skala dan instrumen yang digunakan adalah skala self-regulated learning yang diadaptasi dari skala MSLQ (motivated strategies for learning). Teknik analisis data menggunakan analisis univariat dan uji wilcoxon. Reliabilitas skala self-regulated learning sebesar 0,831 artinya memiliki reliabilitas yang tinggi. Pemberian treatment dalam penelitian ini dilakukan dalam 2 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode tutor teman sebaya dapat meningkatkan self-regulated learning siswa. Hal ini dilihat dari perbandingan antara hasil pretest dan posttest pada kelompok eksperimen yang mengalami peningkatan. Dari hasil pretest diperoleh hasil 18 siswa (85,7%) pada kategori rendah, 3 siswa (14,3%) pada kategori sedang dan tidak ada siswa yang berada pada kategori tinggi. Pada posttest diperoleh hasil 12 siswa (57,1%) pada kategori sedang, 9 siswa (42,9%) pada kategori tinggi dan tidak ada siswa pada kategori rendah. Hasil pretest dan posttest tersebut diperkuat dengan hasil Uji Wilcoxon diperoleh hasil nilai Z sebesar -4,019 dan signifikasi p-value sebesar 0,000 diketahui bahwa sig < α (0,05) maka dapat disimpulkan bahwa metode tutor teman sebaya dapat meningkatkan self-regulated learning. Kata kunci : metode tutor teman sebaya, self-regulated learning
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling ?? ppb ?? |
Depositing User: | Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP |
Date Deposited: | 07 Apr 2015 03:17 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 20:01 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14961 |
Actions (login required)
View Item |