KEMAMPUAN PERENCANAAN KARIR MELALUI MIND MAP PADA SISWA KELAS XII TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN(TKJ) SMK MUHAMMADIYAH 2 MUNTILAN TAHUN 2013/2014

Rini Setiawati, Rini (2015) KEMAMPUAN PERENCANAAN KARIR MELALUI MIND MAP PADA SISWA KELAS XII TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN(TKJ) SMK MUHAMMADIYAH 2 MUNTILAN TAHUN 2013/2014. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI_Rini Setiawati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perencanaan karir siswa kelas XII TKJ SMK Muhammadiyah 2 Muntilan melalui metode mind map. Metode mind map dapat meningkatkan perencanaan karir siswa yang meliputi aspek pengetahuan akan diri, memilih berbagai alternatif pekerjaan, membuat perencanaan karir yang tepat sesuai kemampuan yang dimiliki. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek berjumlah 21 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala perencanaan karir, observasi dan wawancara, sedangkan instrumen yang digunakan adalah skala perencanaan karir, pedoman observasi dan pedoman wawancara.Validitas instrumen menggunakan validitas konstrak dengan diujicobakan pada 30 subjek selain subjek penelitian dengan r tabel= 0,25. Reliabilitas skala perencanaan karir sebesar 0,818 artinya memiliki reliabilitas yang tinggi. Penelitian ini terdiri atas dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tiga tindakan. Topik mind map yang digunakan adalah this is me, my opportunities, dan this is my choice. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan karir dapat ditingkatkan melalui metode mind map dengan topik this is me, my opportunities, dan this is my choice. Tindakan yang dilakukan dapat meningkatkan perencanaan karir siswa sebesar 24%. Hal ini dapat dilihat dari hasil perbandingan antara hasil pre-test dengan hasil post-test yang mengalami peningkatan sesuai dengan target. Rata-rata hasil pre-test adalah 93 dengan kriteria sedang, setelah dilakukan tindakan siklus I rata-rata hasil post-test adalah 113 dengan kriteria sedang , dan setelah dilakukan tindakan siklus II prosentase rata-rata hasil post-test adalah 129 dengan kriteria tinggi. Kata kunci: mind map, kemampuan perencanaan karir

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:18
Last Modified: 29 Jan 2019 20:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14951

Actions (login required)

View Item View Item