PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN TERHADAP BUDGETARY SLACK DENGAN PERTIMBANGAN ETIKA SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Kulon Progo)

Miyati, Miyati (2014) PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN TERHADAP BUDGETARY SLACK DENGAN PERTIMBANGAN ETIKA SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Kulon Progo). S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
skripsi lengkap.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah pertama, memberikan bukti empiris pengaruh partisipasi anggaran terhadap budgetary slack. Kedua, memberikan bukti empiris pengaruh partisipasi anggaran terhadap budgetary slack dengan pertimbangan etika sebagai variabel moderasi. Populasi dalam penelitian ini adalah pejabat Eselon III dan IV pada SKPD Kabupaten Kulon Progo. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode Convenience Sampling. Sampel penelitian ini adalah Sekretaris Daerah, Sekretariat DPRD, Dinas Pengelolaan Keuangan dan Asset, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Perindustrian Perdagangan dan ESDM, Badan Kepegawaian Daerah, Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa Perempuan dan Keluarga Berencana, Kecamatan Sentolo, Kecamatan Galur, dan Kecamatan Panjatan dengan dengan jumlah responden sebanyak 50 pejabat. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linear sederhana dan uji nilai selisih mutlak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Partisipasi anggaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap budgetary slack. Nilai koefisien partisipasi anggaran sebesar 0,585 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 (< 0,05). 2) Interaksi antara partisipasi anggaran dengan pertimbangan etika tidak berpengaruh secara individual terhadap budgetary slack, dan pertimbangan etika bukan merupakan variabel moderating. Nilai koefisien uji nilai selisih mutlak partisipasi anggaran dengan pertimbangan etika sebesar -0,430 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,504 (> 0,05) Kata Kunci: Budgetary Slack, Partisipasi Anggaran, Pertimbangan Etika

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:19
Last Modified: 07 Apr 2015 03:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14950

Actions (login required)

View Item View Item