IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK MUHAMMADIYAH 2 MOYUDAN TAHUN AJARAN 2014/2015

Choiru Nisa, Nisa (2015) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK MUHAMMADIYAH 2 MOYUDAN TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
UNDERGRADUATE THESIS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI Akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Moyudan Tahun Ajaran 2014/2015 dengan implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS). Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru mata pelajaran akuntansi selama dua siklus. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Moyudan yang berjumlah 21 siswa dengan mengimplementasikan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS). Pengumpulan data Hasil Belajar Akuntansi dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, tes, dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa adalah secara deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI Akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Moyudan Tahun Ajaran 2014/2015. Hasil belajar ranah kognitif siklus I hanya 13 dari 21 siswa atau 61,90% mencapai nilai tuntas dengan rata-rata nilai kelas sebesar 77,14 dan pada siklus II jumlah siswa mencapai nilai tuntas naik menjadi 18 dari 21 siswa atau 85,71% dengan rata-rata nilai kelas 81,90. Hasil belajar ranah afektif siklus I hanya 12 dari 21 siswa atau 57,14% mencapai ketuntasan dengan rata-rata nilai kelas sebesar 76,67 dan pada siklus II siswa mencapai nilai tuntas naik menjadi 18 dari 21 siswa atau 85,71% dengan rata-rata 86,19. Hasil belajar ranah psikomotor siklus I hanya 9 dari 21 siswa atau 42,86% mencapai ketuntasan dengan rata-rata nilai kelas sebesar 75,24 dan pada siklus II siswa mencapai nilai tuntas naik menjadi 16 dari 21 siswa atau 76,19% dengan rata-rata nilai kelas sebesar 85,24. Kata Kunci : Think Pair Share, Penelitian Tindakan Kelas, Hasil Belajar Akuntansi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:18
Last Modified: 29 Jan 2019 20:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14940

Actions (login required)

View Item View Item