PENINGKATAN PENGUNGKAPAN DIRI (SELF-DISCLOSURE) MELALUI KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE THERAPY PADA SISWA KELAS VIII SMP N 2 BANTUL TAHUN AJARAN 2013/2014

Adil Prastyanti Mardani, Adil (2015) PENINGKATAN PENGUNGKAPAN DIRI (SELF-DISCLOSURE) MELALUI KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE THERAPY PADA SISWA KELAS VIII SMP N 2 BANTUL TAHUN AJARAN 2013/2014. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi-Adil.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengungkapan diri pada siswa kelas VIII di SMP N 2 Bantul Tahun Ajaran 2013/2014 melalui konseling kelompok dengan pendekatan Rational Emotive Therapy. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan (action research) yang dilaksanakan dalam dua siklus menggunakan model Kemmis dan Taggart. Setiap siklusnya terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian diambil melalui teknik purposive sampling yaitu siswa kelas VIII yang memiliki skala keterbukaan diri rendah, serta hasil diskusi dengan guru Bimbingan dan Konseling maupun wali kelas. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 5 siswa kelas VIII Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian dilaksanakan dengan dua siklus melalui kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan pengungkapan diri dan menggunakan pendekatan Rational Emotive Therapy. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala pengungkapan diri, pedoman observasi, dan pedoman wawancara. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling kelompok dengan pendekatan Rational Emotive Therapy dapat meningkatkan pengungkapan diri pada siswa kelas VIII di SMP N 2 Bantul. Peningkatan dibuktikan dengan hasil skor skala pengungkapan diri rata-rata pre test sebesar 97,4; post test I sebesar 101,8; dan post test II sebesar 112,4. Hasil penelitian didukung dengan wawancara dan observasi yang memperoleh perubahan sikap dan berpikir kearah yang lebih positif. Kata kunci: pengungkapan diri, konseling kelompok dengan pendekatan rational emotive therapy

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:17
Last Modified: 21 May 2015 02:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14925

Actions (login required)

View Item View Item