HUBUNGAN PERSEPSI INDIVIDU TERHADAP TUGAS AKADEMIK DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS XI SMK N 1 PLERET

Feni Wandari, Feni (2015) HUBUNGAN PERSEPSI INDIVIDU TERHADAP TUGAS AKADEMIK DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS XI SMK N 1 PLERET. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
skripsi Feni.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi individu terhadap tugas dengan prokrastinasi akademik siswa kelas XI SMK N 1 Pleret. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantiatif dengan metode korelasional. Jumlah populasi dalam penelitian ini 224 siswa, dan sampel sebanyak 56 siswa, dengan teknik pengambilan sampel porposive sampling. Metode pengumpulan data berbentuk skala. Instrumen yang digunakan skala persepsi individu terhadap tugas akademik dan prokrastinasi akademik. Uji coba instrument pada uji validitas diketahui hasil 77 butir pernyataan dinyatakan valid, sedangkan uji reliabilitas diperoleh nilai koefisien alpha sebesar 0,952. Teknik menguji hipotesis dengan teknik korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan negatif yang signifikan antara persepsi individu terhadap tugas dengan prokrastinasi akademik siswa kelas XI SMK N 1 Pleret. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi antara persepsi individu terhadap tugas dengan prokrastinasi akademik (r_xy) sebesar-0,648 dengan nilai signifikan 0,000, yang berarti semakin positif persepsi individu terhadap tugas maka semakin rendah prokrastinasi akademik. Nilai determinasi (R square) sebesar 0,4199 dapat diartikan bahwa persepsi individu terhadap tugas memberikan sumbangan efektif terhadap prokrastinasi akademik sebesar 41,88%. Berdasarkan hasil penelitian diketahui terdapat 3,57% siswa memiliki persepsi individu terhadap tugas tinggi, dan 96,43% sedang. Sedangkan untuk variable prokrastinasi akademik sebesar 5,36% memiliki prokrastinasi akademik tinggi, 89,28% sedang, dan 5,36% rendah. Kata kunci: persepsi individu terhadap tugas, prokrastinasi akademik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:17
Last Modified: 29 Jan 2019 20:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14914

Actions (login required)

View Item View Item