MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PENGURANGAN PADA PECAHAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA TEROPONG PECAHAN SISWA KELAS IVB SD NEGERI BANGIREJO 1YOGYAKARTA

Widyana Cahyaning, Gerhastuti (2015) MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PENGURANGAN PADA PECAHAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA TEROPONG PECAHAN SISWA KELAS IVB SD NEGERI BANGIREJO 1YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
WIDYANA CAHYANING.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas IVB SD Negeri Bangirejo 1 Yogyakarta terhadap konsep pengurangan pada pecahan menggunakan alat peraga teropong pecahan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian siswa kelas IVB SD Negeri Bangirejo 1 Yogyakarta dengan jumlah 25 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Data penelitian dan observasi dianilisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga teropong pecahan dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas IVB SD Negeri Bangirejo 1 Yogyakarta terhadap konsep pengurangan pada pecahan. Hal itu ditunjukkan oleh peningkatan jumlah siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan peningkatan nilai rata-rata tes. Jumlah siswa yang mencapai KKM pada pretest sebesar 28%, akhir siklus I sebesar 60%, dan akhir siklus II semua siswa (100%) mencapai KKM, sedangkan nilai rata-rata tes sebelum tindakan adalah 54, akhir siklus I 69,03, dan akhir siklus II 88,19. Kata kunci : Alat Peraga Teropong Pecahan, pemahaman konsep pengurangan pada pecahan, siswa kelas IVB.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:18
Last Modified: 29 Jan 2019 20:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14910

Actions (login required)

View Item View Item