HUBUNGAN KECERDASAN EMOSI DAN EFIKASI DIRI DENGAN KEMAMPUAN MANAJEMEN KONFLIK INTERPERSONAL PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 SINGAPARNA KABUPATEN TASIKMALAYA

Nurlaela Handayani, Nurlaela (2015) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSI DAN EFIKASI DIRI DENGAN KEMAMPUAN MANAJEMEN KONFLIK INTERPERSONAL PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 SINGAPARNA KABUPATEN TASIKMALAYA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI_HUBUNGAN KECERDASAN EMOSI DAN EFIKASI DIRI DENGAN KEMAMPUAN MANAJEMEN KONFLIK INTERPERSONAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara kecerdasan emosi dan efikasi diri dengan kemampuan manajemen konflik interpersonal pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Singaparna Kabupaten Tasikmalaya. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 57 siswa. Pengambilan subjek penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik cluster sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala, sedangkan instrument penelitiannya berupa skala kecerdasan emosi, skala efikasi diri dan skala kemampuan manajemen konflik interpersonal. Uji validitas instrumen dilakukan dengan rumus korelasi Product Moment, sedangkan uji reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach. Hasil uji validitas instrumen ini valid dan memiliki reliabilitas untuk skala kecerdasan emosi sebesar 0,825, untuk skala efikasi diri sebesar 0,771 dan untuk skala kemampuan manajemen konflik interpersonal sebesar 0,875. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, melalui uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas dan uji multikulinearitas. Hasil analisis hipotesis pertama menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifkan antara kecerdasan emosi dengan kemampuan manajemen konflik interpersonal. Nilai koefisien korelasi sebesar 0,425 dengan nilai signifikansi 0,00. Hasil analisis hipotesis kedua menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara efikasi diri dengan kemampuan manajemen konflik interpersonal. Nilai koefisien korelasi sebesar 0,527 dengan nilai signifikansi 0,00. Hasil analisis hipotesis ketiga menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosi dan efikasi diri dengan kemampuan manajemen konflik interpersonal. Artinya kecerdasan emosi dan efikasi diri secara bersama-sama memiliki hubungan dengan kemampuan manajemen konflik interpersonal. Kata kunci: Kecerdasan Emosi, Efikasi Diri, Kemampuan Manajemen Konflik Interpersonal.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:18
Last Modified: 29 Jan 2019 19:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14898

Actions (login required)

View Item View Item