IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI 1 SMK MUHAMMADIYAH WONOSARI TAHUN AJARAN 2014/2015

RAHARJA, VIRA JUWITA (2015) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI 1 SMK MUHAMMADIYAH WONOSARI TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI VIRA-NIM. 11403241027.pdf

Download (54MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi siswa melalui Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam Pembelajaran Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi 1 SMK Muhammadiyah Wonosari Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk kolaboratif dengan guru mata pelajaran Akuntansi dan dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi 1 SMK Muhammadiyah Wonosari Tahun Ajaran 2014/2015 yang berjumlah 32 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah data hasil observasi dianalisis dengan menggunakan analisis data kualitatif dengan membandingkan persentase skor Aktivitas Belajar Akuntansi siswa pada saat siklus I dan siklus II. Analisis data kualitatif dianalisis dengan teknik analisis interaktif yang terdiri atas 3 komponen kegiatan yang saling terkait satu sama lainnya yaitu Reduksi Data, Penyajian Data, Penarikan Kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi siswa kelas X Akuntansi 1 SMK Muhammadiyah Wonosari tahun ajaran 2014/2015. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan persentase skor rata-rata Aktivitas Belajar Akuntansi siswa. Dari hasil observasi diperoleh rata-rata skor Aktivitas Belajar Akuntansi siswa sebesar 50,93% pada siklus I. Pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 36,04% atau diperoleh skor sebesar 86,97%. Hasil persentase siklus II menunjukkan bahwa skor tersebut sudah mencapai kriteria minimal yang ditentukan yaitu sebesar 75%. Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT), Aktivitas Belajar Akuntansi siswa, SMK Muhammadiyah Wonosari

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:18
Last Modified: 29 Jan 2019 19:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14897

Actions (login required)

View Item View Item