PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS III SD NEGERI PURWODADI PURWOREJO

Fidiyah Anjas, Purnomo (2015) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS III SD NEGERI PURWODADI PURWOREJO. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Fidiyah Anjas Purnomo_NIM. 10108247031.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas III SD Negeri Purwodadi dengan menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). PTK merupakan salah satu jenis penelitian yang bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian ini siswa kelas III SD Negeri Purwodadi sebanyak 25 siswa. Objek penelitian ini adalah prestasi belajar matematika pada materi memecahkan masalah perhitungan termasuk yang berkaitan dengan uang dan penggunaan pengukuran waktu, panjang dan berat dalam pemecahan masalah siswa kelas III SD Negeri Purwodadi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes prestasi belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini yaitu 70% dari jumlah siswa mendapat nilai 60. Hasil penelitian pra tindakan menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa rendah. Nilai rata-rata kelas baru mencapai 47,6 dengan persentase ketuntasan 36%. Setelah dilakukan tindakan dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siklus I, nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 61,6 dengan persentase ketuntasan 60%. Demikian pula setelah dilakuakan perbaikan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) yang disertai pemberian dorongan dari guru dan bimbingan dalam kelompok untuk aktif bertanya, umpan balik, penguatan, pembagian kelompok secara heterogen, menggurangi jumlah anggota setiap kelompok dan penyimpulan materi di akhir pembelajaran semakin meningkatkan prestasi belajar siswa. Nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 77,2 dan persentase ketuntasan individu mencapai 88%. Kata kunci: prestasi belajar, Contextual Teaching and Learning (CTL).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:17
Last Modified: 29 Jan 2019 19:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14881

Actions (login required)

View Item View Item