PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA DIRECTOR MX 2004 PADA MATA PELAJARAN PERAWATAN DAN PERBAIKAN MOTOR OTOMOTIF STANDAR KOMPETENSI MELAKUKAN PERAWATAN DAN PEMERIKSAAN SISTEM PELUMASAN KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK OTOMOTIF DI SMK N 2 DEPOK

NASHIR , PURBOSAKSONO (2012) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA DIRECTOR MX 2004 PADA MATA PELAJARAN PERAWATAN DAN PERBAIKAN MOTOR OTOMOTIF STANDAR KOMPETENSI MELAKUKAN PERAWATAN DAN PEMERIKSAAN SISTEM PELUMASAN KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK OTOMOTIF DI SMK N 2 DEPOK. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
DEVELOPMENT OF COMPUTERIZED BASED TEACHING MEDIA BY USING MACROMEDIA FLASH APPLICATION IN STARTER AND FILLING REPARATION SYSTEM SUBJECT OF SMK TAMANSISWA YOGYAKARTA.pdf

Download (67kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan produk media pembelajaran berbantuan komputer, mengetahui kelayakannya, dan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sistem Pelumasan setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media Macromedia Director MX 2004. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertempat di SMK N 2 Depok pada bulan Mei 2011. Subyek penelitian ini adalah dosen ahli materi, ahli multimedia dan siswa kelas dua Program Keahlian Teknik Otomotif SMK N 2 Depok. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket dan tes, sedangkan metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran berbantuan komputer yang dikemas dalam sebuah CD (compact disc). Prosedur pengembangan media yang dilakukan yaitu (1) penelitian pendahuluan, (2) melakukan perencanaan, (3) mendesain produk awal, (4) menguji coba desain produk, (5) merevisi desain produk, (6) menguji coba produk awal (uji coba kelompok kecil), (7) merevisi produk, (8) menguji coba pemakaian (uji coba lapangan), (9) merevisi produk akhir, dan (10) mendiseminasikan dan mengimplementasikan produk. Hasil uji kelayakan menunjukkan media pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan penilaian ahli media sangat layak dengan pencapaian 84,62 %, menurut ahli materi sangat layak dengan pencapaian 78,85%, dari hasil uji coba kelompok kecil layak dengan pencapaian 83,23% dan dari hasil uji lapangan layak dengan pencapaian 68,87%. Dari hasil uji di atas dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbantuan komputer yang dikembangkan layak digunakan sebagai pendukung pembelajaran Sistem Pelumasan. CD Pembelajaran ini juga dapat meningkatkan hasil belajar, terbukti hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari skor pretest ke postest. Bukti di kelas 2B adanya peningkatan hasil belajar dengan skor rata-rata 3,48 dan persentase kenaikan hasil belajar 63,53%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 04 Jul 2012 00:58
Last Modified: 29 Jan 2019 14:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1488

Actions (login required)

View Item View Item