Ahmad, Rondi (2015) PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MAN TEMPEL SLEMAN. S1 thesis, Fakutas Ekonomi.
|
Text
SKRIPSI AHMAD RONDI.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung kompetensi guru dan fasilitas belajar terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di MAN Tempel Sleman. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post facto. Sampel pada penelitian ini adalah siswa MAN Tempel Sleman tahun ajaran 2013/2014 yang mendapatkan mata pelajaran ekonomi yang berjumlah 163 siswa. Metode pengambilan sampelnya adalah stratified proportional random sampling. Data dikumpulkan dengan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (Path Analysis) dengan program AMOS versi 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh langsung secara positif antara kompetensi guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di MAN Tempel Sleman, dibuktikan dengan nilai probability 0,000<0,05, dan nilai Standardized Regression Weights sebesar 0,248; (2) terdapat pengaruh langsung secara positif kompetensi guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di MAN Tempel Sleman, dibuktikan dengan nilai probability 0,000<0,05, dan nilai Standardized Regression Weights sebesar 0,268; (3) terdapat pengaruh langsung secara positif fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di MAN Tempel Sleman, dibuktikan dari nilai probability 0,000<0,05, dan nilai Standardized Regression Weights sebesar 0,327; (4) terdapat pengaruh tidak langsung secara positif fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di MAN Tempel Sleman, dibuktikan dari nilai probability 0,001<0,05, dan nilai Standardized Regression Weights sebesar 0,228; dan (5) terdapat pengaruh tidak langsung secara positif motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di MAN Tempel Sleman, dibuktikan dari nilai probability 0,000<0,05, dan nilai Standardized Regression Weights sebesar 0,284. Kata kunci: Kompetensi Guru, Fasilitas, Motivasi, Prestasi Belajar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Umum > Penelitian Pendidikan > Pendidikan (Umum) Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Admin Pendidikan Ekonomi FE |
Date Deposited: | 07 Apr 2015 03:18 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 19:58 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14873 |
Actions (login required)
View Item |