PENGARUH SIKAP PADA MATA PELAJARAN DAN PERSEPSI TENTANG PROFESIONALISME GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA DI SMA NEGERI 1 MUNTILAN KABUPATEN

Triana, Sulastika (2015) PENGARUH SIKAP PADA MATA PELAJARAN DAN PERSEPSI TENTANG PROFESIONALISME GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA DI SMA NEGERI 1 MUNTILAN KABUPATEN. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh sikap pada mata pelajaran terhadap prestasi belajar ekonomi siswa Kelas XI Social di SMA Negeri 1 Muntilan Tahun Ajaran 2014/2015, (2) pengaruh persepsi tentang profesionalisme guru terhadap prestasi belajar ekonomi siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Muntilan Tahun Ajaran 2014/2015, dan (3) pengaruh sikap pada mata pelajaran dan persepsi siswa tentang profesionalisme guru terhadap prestasi belajar ekonomi siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Muntilan Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa Kelas XI Sosial SMA Negeri 1 Tahun Ajaran 2014/2015 yang berjumlah 71 siswa. Dalam penelitian ini responden berjumlah 71 siswa sehingga penelitian ini merupakan penelitian populasi.Pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi. Sebelum data dianalisis, dilakukan pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinearitas. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan sikap pada mata pelajaran terhadap prestasi belajar ekonomi siswa yang ditunjukkan dari hasil perhitungan nilai thitungsebesar7,290 dengan signifikansi 0,000, (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan persepsi siswa tentang profesionalisme guru terhadap prestasi belajar ekonomi siswa yang ditunjukkan dari hasil perhitungan nilai thitungsebesar 2,948 dengan signifikansi 0,004, (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan sikap pada mata pelajaran dan persepsi tentang profesionalisme guru secara bersama-sama (simultan) terhadap prestasi belajar ekonomi siswa yang berdasarkan hasil pengujian analisis regresi ganda ditemukan harga Fhitungsebesar 33,755 dengan signifikansi 0,000. Kata Kunci : Sikap pada Mata Pelajaran, Persepsi tentang Profesionalisme Guru, Prestasi Belajar Ekonomi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Aspek Pendidikan
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:18
Last Modified: 29 Jan 2019 19:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14870

Actions (login required)

View Item View Item