SURVEI TENTANG KETERSEDIAAN SARANA DAN PRASARANA USAHA KESEHATAN SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN BANGUNTAPAN KABUPATEN TAHUN BANTUL 2013

Munaha, Nandar Sukoso (2013) SURVEI TENTANG KETERSEDIAAN SARANA DAN PRASARANA USAHA KESEHATAN SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN BANGUNTAPAN KABUPATEN TAHUN BANTUL 2013. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
49. Munaha.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) yang ada di sebagian besar sekolah dasar masih tergolong minim, artinya masih kurangnya sarana dan prasarana penunjang keterlaksanaan program tersebut. Oleh Karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketersediaan sarana dan prasarana Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di Sekolah Dasar se-Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul tentang kondisi yang sebenarnya. Populasi dalam penelitian ini adalah 31 Sekolah Dasar yang berada pada Sekolah Dasar seluruh Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul. Semua populasi digunakan untuk penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptf prosentase dengan metode survei, dan dengan pengambilan data menggunakan observasi atau pengamatan langsung. Instrumen pengambilan data dengan menggunakan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketersediaan sarana dan prasarana Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di Sekolah Dasar se-Kecamatan Banguntapan Kabupaten Bantul adalah sebagai berikut : 0 sekolah (0 %) berkategori sangat baik, 9 sekolah (29,03 %) berkategori baik, 14 sekolah (45,16 %) berkategori sedang, 7 sekolah (22,58 %) berkategori kurang dan 1 sekolah (3,22 %) berkategori sangat kurang. Frekuensi terbanyak pada interval 56,13 < X ≤ 80,07. Ini artinya ketersediaan sarana dan prasarana UKS di sekolah dasar negeri seluruh Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul tahun 2013 secara keseluruhan adalah berkategori sedang. Kata Kunci : Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), sarana dan prasarana.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 31 Mar 2015 08:01
Last Modified: 29 Jan 2019 19:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14857

Actions (login required)

View Item View Item