UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI KLEGEN DENGAN MENGGUNANAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS)

Ranty, Kumalasari (2015) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI KLEGEN DENGAN MENGGUNANAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS). S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Ranty skripsi.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika kelas IV SD N Klegen, Pengasih, Kulonprogo dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two stay Two Stray (TSTS). Tipe TSTS dikembangkan oleh Spance Kagan, dengan cara memberi kesempatan tiap kelompok untuk membagikan hasil pekerjaan LKS kepada kelompok lain. Subyek PTK ini adalah siswa kelas IV SD N Klegen, Pengasih, Kulonprogo berjumlah 21 anak, terdiri atas 14 putri dan 7 putra. Pelaksanaan tindakan dilakukan dalam 2 siklus. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Pada setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan diuji validitas dan reliabilitasnya. Tes ini digunakan untuk mengukur prestasi belajar peserta didik. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan, pada pelaksanaan pra tindakan nilai rata-rata yang didapat siswa adalah 56,09. Sebanyak 38,10% atau 8 siswa yang mencapai KKM. Setelah dilaksanakan siklus I, rata-ratanya meningkat secara signifikan menjadi 72,38, akan tetapi target 75% siswa belum tercapai, karena sebanyak 15 siswa atau 71,43% yang mencapai KKM. Hasil ini kemudian direfleksikan dan diadakan perbaikan pada siklus berikutnya. Perbaikan tersebut meliputi pemberian motivasi, penghargaan kelompok dan perhatian dari guru. Pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 82,38. Sebanyak 17 siswa atau 80,95% siswa telah mencapai KKM. Kata kunci : matematika, prestasi belajar, tsts (two stay two stray).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:18
Last Modified: 29 Jan 2019 19:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14856

Actions (login required)

View Item View Item