HUBUNGAN ANTARA KESEPIAN DAN KONTROL DIRI DENGAN INTENSITAS BERMAIN GAME ONLINE SISWA SMP NEGERI 14 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Mitta Kurniasari, Mitta (2015) HUBUNGAN ANTARA KESEPIAN DAN KONTROL DIRI DENGAN INTENSITAS BERMAIN GAME ONLINE SISWA SMP NEGERI 14 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SRKIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kesepian dan kontrol diri dengan intensitas bermain game online siswa SMP Negeri 14 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2014. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMPN 14 Yogyakarta sebanyak 410 siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik stratified proportional random sampling. Sampel dalam penelitian adalah 198 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian adalah metode angket. Hasil uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach yakni sebesar 0,939 untuk kesepian, sebesar 0,918 untuk kontrol diri, dan sebesar 0,929 untuk intensitas bermain game online. Uji hipotesis terdiri dari uji hipotesis korelasi ganda dan korelasi sederhana dengan menggunakan teknik analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara kesepian dengan intensitas bermain game online siswa SMPN 14 Yogyakarta. Besarnya hubungan dilihat dari nilai harga korelasi sebesar 0,395 dengan signifikansi p=0,000<0,05, maka Ha diterima. Serta ada hubungan negatif dan signifikan antara kontrol diri dengan intensitas bermain game online. Besarnya hubungan dilihat dari nilai harga korelasi sebesar -0,414 dengan signifikansi p=0,000<0,05, maka Ha diterima. Terdapat hubungan yang signifikan antara kesepian dan kontrol diri secara bersama-sama dengan intensitas bermain game online yang ditunjukkan dengan nilai 31,616 dengan taraf signifikansi p=0.000 (p<0.05). Kesepian dan kontrol diri memberikan sumbangan efektif sebesar 32,8% terhadap intensitas bermain game online. Kata kunci: kesepian, kontrol diri, intensitas bermain game online

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:18
Last Modified: 29 Jan 2019 19:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14854

Actions (login required)

View Item View Item