MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL MELALUI PERMAINAN BOLA KASTI SISWA KELAS IV A SD N NOGOPURO, KECAMATAN DEPOK, KABUPATEN SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Rohman, Pambudi (2015) MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL MELALUI PERMAINAN BOLA KASTI SISWA KELAS IV A SD N NOGOPURO, KECAMATAN DEPOK, KABUPATEN SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Rohman Pambudi_09108244122 ok.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial melalui permainan bola kasti siswa kelas IV A SD N Nogopuro, Tahun Ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV A SD N Nogopuro yang berjumlah 34 anak. Model penelitian ini menggunakan model penelitian Kemmis dan Mc Taggart. Tahapan siklus dalam penelitian ini menggunakan langkah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, analisis dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa permainan bola kasti dapat meningkatkan keterampilan sosial pada siswa kelas IV A SD N Nogopuro Tahun Ajaran 2012/2013 dengan melakukan tindakan berupa memberikan pemahaman kepada siswa mengenai manfaat bermain, melakukan pembagian tim secara seimbang dan dengan komposisi secara heterogen. Hal ini ditunjukkan dengan hasil peningkatan keterampilan sosial setelah diberi tindakan pada siklus I, diperoleh hasil bahwa dari 34 siswa, 7 siswa (20,59%) pada kategori baik. Hasil observasi berikutnya pada siklus 1 ke siklus 2 mengalami kenaikan, yaitu menjadi 33 siswa (97,06%) pada kategori baik dan sangat baik. Perolehan hasil angket pratindakan dari 34 siswa, diketahui bahwa keterampilan sosial siswa yang masuk dalam kategori baik dan sangat baik mencapai 22 siswa (64,71%). Hasil siklus 1 menunjukan bahwa keterampilan sosial siswa meningkat pada kategori baik dan sangat baik menjadi 27 siswa (79,41%). Hasil siklus 1 ke siklus 2 mengalami peningkatan keterampilan sosial pada kategori baik dan sangat baik menjadi 34 siswa (100%). Kata kunci: keterampilan sosial, permainan bola kasti.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Aspek Pendidikan
Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:18
Last Modified: 29 Jan 2019 19:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14853

Actions (login required)

View Item View Item