PENINGKATAN KETERAMPILAN BERCERITA BAHASA JAWA MELALUI PENGGUNAAN KOMIK PUNAKAWAN DI KELAS IV SDN BANGUNJIWO, KASIHAN, BANTUL

Ratna, Pancasari (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERCERITA BAHASA JAWA MELALUI PENGGUNAAN KOMIK PUNAKAWAN DI KELAS IV SDN BANGUNJIWO, KASIHAN, BANTUL. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Ratna Pancasari 09108244091.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkanketerampilan bercerita siswa kelas IV SD Negeri Bangunjiwo, Kasihan, Bantul, melalui penggunaan komik Punakawan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian 16 siswa kelas IV SD Negeri Bangunjiwo, Kasihan, Bantul. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, catatan lapangan dan tes. Data penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif untuk menganalisis hasil observasi dan catatan lapangansedangkandeskriptif kuantitatif untuk menganalisis hasil penilaian bercerita. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan komik Punakawan dapat meningkatkan keterampilan bercerita siswa kelas IV SDN Bangunjiwo, Kasihan, Bantul. Peningkatan keterampilan bercerita siswa tampak pada kualitas proses pembelajaran yang ditunjukkan oleh keaktifan, perhatian pada pelajaran, antusiasme selama pembelajaran, keberanian bercerita di depan kelas sehingga dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, aktif dan kreatif. Keterampilan bercerita siswa pada setiap siklus meningkat setelah adanya tindakan selama dua siklus. Kemampuan rata-rata siswa dalam bercerita meningkat. Peningkatan hasil dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata bercerita siswa pada kondisi awal sampai pascatindakan siklus II. Nilai rata-rata siswa pada kondisi awal sebesar adalah 57,81, akhir siklus I 63,23, dan akhir siklus II 74,95. Jumlah siswa yang mencapai KKM pada konsidi awal sebesar 25%, akhir siklus 1 sebesar 43,75%, dan akhir siklus 2 sebesar 81,25% mencapai KKM. Kata kunci : keterampilan bercerita, bahasa Jawa, komik punakawan, kelas IV SD.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Jawa
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:18
Last Modified: 29 Jan 2019 19:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14847

Actions (login required)

View Item View Item