UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN MODUL PADA SISWA KELAS X AKUNTANSI 2 SMK NEGERI 1 KLATEN TAHUN AJARAN 2014/2015

Ernawati, Dwi (2015) UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN MODUL PADA SISWA KELAS X AKUNTANSI 2 SMK NEGERI 1 KLATEN TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Other
Skripsi Full.PDF

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengupayakan peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Akuntansi melalui Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan Modul pada siswa kelas X Akuntansi 2 SMK Negeri 1 Klaten Tahun Ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus sebanyak 4 kali pertemuan dengan subjek penelitian siswa kelas X Akuntansi 2 SMK Negeri 1 Klaten Tahun Ajaran 2014/2015 yang berjumlah 38 siswa. Setiap siklus terdiri dari empat komponen kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi aktivitas belajar akuntansi di kelas, tes, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, soal tes, dan catatan lapangan. Analisis data dalam penelitian ini adalah dengan teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan Modul mampu meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Akuntansi pada siswa kelas X Akuntansi 2 dengan materi pokok 1) Prinsip- Prinsip dan Konsep Akuntansi, dan 2) Tahap-Tahap Proses Pencatatan Transaksi di SMK Negeri 1 Klaten. Peningkatan Aktivitas Belajar Akuntansi ditunjukkan dengan adanya peningkatan persentase rata-rata Aktivitas Belajar Akuntansi dari siklus I ke siklus II sebesar 89,63% menjadi 94,57%. Peningkatan persentase ketuntasan Hasil Belajar Akuntansi dari siklus I ke siklus II ditunjukkan dengan hasil post-test siklus I persentase ketuntasan Hasil Belajar Akuntansi siswa yang mencapai nilai KKM 80 sebesar 97,36% dengan nilai rata-rata kelas sebesar 93,94 dan post-test siklus II persentase ketuntasan Hasil Belajar Akuntansi siswa yang mencapai nilai KKM 80 sebesar 100% dengan nilai rata-rata kelas sebesar 93,15. Kata Kunci: Aktivitas Belajar Akuntansi, Hasil Belajar Akuntansi, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD), Modul.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:18
Last Modified: 29 Jan 2019 19:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14840

Actions (login required)

View Item View Item