PERBEDAAN SELF-REGULATED LEARNING ANTARA SISWA OVERACHIEVER DAN UNDERACHIEVER DI SMP NEGERI 2 AJIBARANG

Galih Fahmi, Agastia (2014) PERBEDAAN SELF-REGULATED LEARNING ANTARA SISWA OVERACHIEVER DAN UNDERACHIEVER DI SMP NEGERI 2 AJIBARANG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSII.pdf
Restricted to Registered users only until 2018.

Download (30MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui perbedaan self- regulated learning antara siswa underachiever dan siswa overachiever di SMP N 2 Ajibarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis komparasi. Populasi penelitian ini yaitu 256 siswa, dan sampelnya sebanyak 46 siswa, teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan angket dengan modifikasi skala likert, hasil tes IQ dan hasil akumulasi rapor semester gasal dan genap siswa kelas VII. Ujicoba instrumen menggunakan uji validitas dengan hasil 65 butir angket yang dinyatakan valid, sedangkan uji reliabilitas diperoleh nilai koefisien alpha sebesar 0,917. Teknik menguji hipotesis dengan teknik uji beda (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan pada self- regulated learning antara siswa overachiever dan siswa underachiever kelas VIII SMP N 2 Ajibarang . Hasil ini ditunjukan dari uji hipotesis uji-t dengan hasil perhitungan uji-t (independent samples test) siswa overachiever dan siswa underachiever diperoleh harga t 2,056. Kemudian thitung dikonsultasikan dengan ttabel, diketahui ttabel dengan df 44 yaitu 2,000 dengan demikian thitung > ttabel. Berdasarkan kategorisasi self-regulated learning siswa overachiever terdapat 17,4% siswa dikategorikan tinggi, 65,2% sedang, dan 17,4% rendah. Sedangkan self-regulated learning siswa underachiever terdapat 8,7% siswa dikategorikan tinggi, 65,2% sedang, dan 26,1% rendah. Kata kunci: self-regulated learning, overachiever, underachiever

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 07 Apr 2015 02:38
Last Modified: 29 Jan 2019 19:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14837

Actions (login required)

View Item View Item