PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER PADA SISWA KELAS V SDN GANTANG 2 MAGELANG

Ririn, Septiana (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER PADA SISWA KELAS V SDN GANTANG 2 MAGELANG. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
bab I-V.pdf

Download (951kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SDN Gantang 2 Magelang dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek PTK ini adalah siswa kelas V SDN Gantang 2 sebanyak 16 siswa. Pelaksanaan tindakan dilakukan dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi , tes dan dokumentasi. Pada setiap siklus terdapat kegiataan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pada akhir siklus dilaksanakan tes yang digunakan untuk mengukur hasil belajar peserta didik. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan digunakannya model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Gantang 2 Magelang. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan hasil tes pra tindakan ada 2 siswa atau 12,5% dari seluruh siswa yang mendapat nilai ≥ KKM (60). Setelah dilakukan tindakan dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT di siklus I, hasil tes pada siklus I ada 10 siswa atau 62,5% dari seluruh siswa yang mendapat nilai ≥ KKM (60). Demikian pula setelah dilakukan perbaikan dengan memvariasi model pembelajaran kooperatif tipe NHT di siklus II dengan pembentukan kelompok yang heterogen, penomoran, pemanggilan nomor acak secara terencana, dan pemberian reward, dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa, ditandai ada 15 siswa atau 93,75% dari seluruh siswa yang mendapat nilai ≥ KKM (60). Nilai rata-rata hasil tes meningkat, pada pra tindakan yaitu 33,4, siklus I yaitu 62 sedangkan pada siklus II yaitu 77,2. Kata Kunci: hasil belajar, matematika, numbered heads together.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 07 Apr 2015 00:44
Last Modified: 29 Jan 2019 19:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14832

Actions (login required)

View Item View Item